Komunikasi Organisasi dalam Pengelolaan Majelis Ta’lim Azzahra: Studi Perencanaan dan Manajerial Dakwah Perempuan
DOI:
https://doi.org/10.71029/bayyin.v3i1.85Keywords:
Komunikasi, Organisasi, Majlis Taklim, Perencanaan, DakwahAbstract
Majelis ta’lim merupakan salah satu bentuk lembaga dakwah nonformal yang memiliki peran penting dalam membina spiritualitas dan pengetahuan keislaman masyarakat, khususnya kaum ibu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik komunikasi organisasi dalam proses perencanaan dan manajemen kegiatan dakwah di Majelis Ta’lim Azzahra. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan dokumentasi, penelitian ini menyoroti struktur organisasi, pola komunikasi antar pengurus, serta strategi koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan rutin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi organisasi di Majelis Ta’lim Azzahra berjalan secara semi-formal dengan pendekatan kekeluargaan, namun tetap mengandalkan alur komunikasi yang sistematis dan terstruktur. Peran kepemimpinan ketua majelis sangat menentukan efektivitas penyampaian informasi dan pelaksanaan program dakwah. Temuan ini menunjukkan bahwa efektivitas kegiatan dakwah tidak hanya ditentukan oleh isi ceramah, tetapi juga oleh kekuatan koordinasi dan komunikasi dalam pengelolaan internal organisasi.
Downloads
References
Alimuddin, N. (2007). Konsep Dakwah Dalam Islam. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 4(1), 73–78.
Anwar, S., & Firdaus, A. (2023). Penerapan metode dakwah mujadalah di majelis taklim. LANTERA: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2), 119–128.
Bakti, I., Hafiar, H., Budiana, H. R., & Puspitasari, L. (2017). Pemberdayaan pranata sosial melalui komunikasi lingkungan: Menakar pelibatan peran perempuan dalam mitigasi banjir citarum. Jurnal Kawistara, 7(1), 94–107.
Dedy Susanto. (2013). Pemberdayaan dan Pendampingan Remaja Masjid Melalui Pelatihan Manajemen Dakwah, Organisasi dan Kepemimpinan. An-Nida, Jurnal Komunikasi Islam, 5(nomor 2).
Fadhli, M. (2020). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dan Ekstenal Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 171–183.
Melina, S. A., & Herbawani, C. K. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Remaja Selama Pandemi Covid-19 : Tinjauan Literatur. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 21(4), 286–291. https://doi.org/10.14710/mkmi.21.4.286-291
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.
Rahayu, R. P. C. (2020). Strategi Komunikasi Pemuda Organisasi Kerjasama Islam Indonesia Dalam Meningkatkan Kualitas Pemuda Muslim Melalui Program Kepemimpinan. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….
Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D,. Bandung: Alfabeta.
Tamim, R., Isti’ana, A., & Suslina, S. (2024). Komunikasi Perempuan dalam Dakwah (Menciptakan Ruang untuk Representasi dan Kepemimpinan). Al Huwiyah: Journal of Woman and Children Studies, 4(1), 44–57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elya Robbiatul Adawiyah, Ida Haryati, Farah Nur Latifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.