Implementasi Pendidikan Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu 01 Ujung Harapan, Bekasi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter di Implementasi Pendidikan Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu 01 Ujung Harapan Bahagia,Babelan,Bekasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah guru kelompok,siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui trianggulasi teknik, triangulasi sumber serta kecukupan referensi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pengajian Pagi dapat dijadikan sebagai Pendekatan Pendidikan Karakter (2 Keteladanan guru dapat dijadikan sebagai Model Pendidikan Karakter (3) Pembelajaran Berbasis Cerita Moral dari Al-Qur'an dan Hadis dapat berpengaruh sebagai Pendidikan karakter.
Article Details
Section
Articles
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter di Implementasi Pendidikan Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu 01 Ujung Harapan Bahagia,Babelan,Bekasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah guru kelompok,siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui trianggulasi teknik, triangulasi sumber serta kecukupan referensi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pengajian Pagi dapat dijadikan sebagai Pendekatan Pendidikan Karakter (2 Keteladanan guru dapat dijadikan sebagai Model Pendidikan Karakter (3) Pembelajaran Berbasis Cerita Moral dari Al-Qur'an dan Hadis dapat berpengaruh sebagai Pendidikan karakter.