Integrasi Pendidikan Islam Dengan Teknologi Digital Di Mts Attaqwa Putri

Main Article Content

Lailiya Rachmawati Syarif
Abdul Hamid

Abstract

Studi ini meneliti integrasi pendidikan Islam dengan teknologi digital di MTs Attaqwa Putri. Penelitian ini membahas bagaimana perangkat digital meningkatkan pembelajaran Islam dan bertujuan untuk mengevaluasi dampaknya terhadap motivasi dan pemahaman siswa. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui survei terhadap 50 siswa kelas satu yang dipilih secara sengaja. Hasilnya menunjukkan bahwa 89,29% siswa melaporkan motivasi yang lebih tinggi ketika materi Mahfudzot disampaikan melalui media digital seperti video dan aplikasi interaktif. Terlepas dari manfaat ini, tantangan tetap ada, termasuk infrastruktur yang terbatas dan kurangnya kompetensi digital di kalangan pendidik. Selain itu, memastikan bahwa konten digital selaras dengan nilai-nilai Islam sangat penting. Studi ini menyimpulkan bahwa integrasi digital dapat memperkaya pendidikan Islam, asalkan sekolah mengatasi keterbatasan teknologi dan berinvestasi dalam pelatihan guru dan pengembangan konten yang sesuai.

Article Details

Section
Articles