Istajadda: Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Istajadda <p><strong>Istajadda</strong>: Jurnal Pendidikan Agama Islam Institut Attaqwa KH. Noer Alie Bekasi untuk program Magister yang terbit <strong>dua-kali</strong> dalam setahun yaitu pada bulan <strong>Maret</strong> dan <strong>September</strong>. Jurnal ini berfungsi sebagai media untuk mendiseminasi hasil penelitian dan kajian ilmiah yang berfokus pada berbagai bidang yang relevan dengan kemajuan Pendidikan Islam. Jurnal ini memberikan ruang bagi diskusi akademik yang komprehensif dan menyesuaikan perkembangan kontemporer dalam dunia pendidikan. Istajadda hadir untuk memperkaya literatur akademik dan mendukung perkembangan keilmuan yang berorientasi pada inovasi dan peningkatan kualitas Pendidikan Islam di berbagai level.</p> en-US Izamarifah@attaqwa.ac.id (Iza Ma’rifah M. Sos) farahnl@attaqwa.ac.id (Farah Nur Latifah S.Sos) Sat, 07 Jun 2025 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Implementasi Pendidikan Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu 01 Ujung Harapan, Bekasi https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Istajadda/article/view/60 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter di Implementasi Pendidikan Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu 01 Ujung Harapan Bahagia,Babelan,Bekasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah guru kelompok,siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui trianggulasi teknik, triangulasi sumber serta kecukupan referensi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis Miles &amp; Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pengajian Pagi dapat dijadikan sebagai Pendekatan Pendidikan Karakter (2 Keteladanan guru dapat dijadikan sebagai Model Pendidikan Karakter (3) Pembelajaran Berbasis Cerita Moral dari Al-Qur'an dan Hadis dapat berpengaruh sebagai Pendidikan karakter.</p> Nurjannah, Fadllurrahman Copyright (c) 2025 Istajadda: Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Istajadda/article/view/60 Sat, 07 Jun 2025 00:00:00 +0700 Penerapan Urf Dalam Metode Pengambilan Hukum Pada Tahlilan https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Istajadda/article/view/71 <p>Penelitian ini mengkaji tentang Penerapan <em>Urf'</em> dalam metode pengambilan hukum pada Tahlilan, Penelitian ini berfokus pada penjelasan bagaimana Tradisi tahlilan memiliki landasan dasar syari'ah yang bisa di jadikan suatu amalan yang tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam karena ada sebagian kelompok yang beranggapan bahwasanya tradisi ini tidak memiliki dalil, dalam pembahasan tentang tahlilan, beberapa penelitian sudah di kemukakan dan kebanyakan hanya membahas tentang keseimbangan sosial dan agama melalui tradisi tahlilan, sedangkan peneliti disini akan membahas dari aspek dalil syari'ah yang menopang di sah-kan nya tahlilan sebagai amalan yang sesuai dengan ajaran agama Islam, penelitian ini bertujuan agar sebagian kelompok yang menganggap tahlilan adalah amalan yang tidak ber-dalil faham akan dalil-dalil tahlilan, dan kelompok yang melaksanakan tahlilan bisa mengetahui dalil-dalil sandaran dalam amalan tersebut, agar bisa menjelaskan ke khalayak umum, teori dan konsep yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan, hasil penelitian ini adalah tercapainya kesepakatan dan pengetahuan serta hilangnya perdebatan antara kelompok yang melaksanakan tradisi tahlilan dan yang tidak melaksanakan tradisi tersebut.</p> Haikal Fathurrizqi Copyright (c) 2025 Istajadda: Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Istajadda/article/view/71 Sat, 07 Jun 2025 00:00:00 +0700 Pengembangan Media Pembelajaran Educaplay Menggunakan Model-V pada Mata Pelajaran SKI https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Istajadda/article/view/65 <p>Media pembelajaran yang efektif dapat membantu menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi pesereta didik. Media memiliki peran penting dalam terlaksananya proses pembelajaran, sebab penggunaan media menjadi salah satu perantara pendidik kepada peserta didik agar informasi yang disampaikan dapat lebih mudah diterima. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran yang mudah untuk peserta didik memahami materi yang sukar dipahami menggunakan penjelasan verbal, oleh karena itu penelitian ini menggunakan Research And Development (R&amp;D). Dengan menggunakan V-model mulai dari requirement gathering, system analysis, software design, module design, coding, sedangkan tahapan validasi menjabarkan testing terhadap setiap scope aplikasi mulai dari unit test, integration test, system test, hingga user acceptance. Hasil dari ahli media mendapat skor 82%, ahli materi mendapatkan skor 98%, respon guru mendapatkan skor 82% dan hasil respon siswa mendapatkan skor 90,7%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran educaplay dinyatakan efektif dan efesien untuk digunakan</p> Latifah Mayasari, Jasiah Copyright (c) 2025 Istajadda: Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Istajadda/article/view/65 Sat, 07 Jun 2025 00:00:00 +0700 Integrasi Pendidikan Islam Dengan Teknologi Digital Di Mts Attaqwa Putri https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Istajadda/article/view/80 <p>Studi ini meneliti integrasi pendidikan Islam dengan teknologi digital di MTs Attaqwa Putri. Penelitian ini membahas bagaimana perangkat digital meningkatkan pembelajaran Islam dan bertujuan untuk mengevaluasi dampaknya terhadap motivasi dan pemahaman siswa. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui survei terhadap 50 siswa kelas satu yang dipilih secara sengaja. Hasilnya menunjukkan bahwa 89,29% siswa melaporkan motivasi yang lebih tinggi ketika materi Mahfudzot disampaikan melalui media digital seperti video dan aplikasi interaktif. Terlepas dari manfaat ini, tantangan tetap ada, termasuk infrastruktur yang terbatas dan kurangnya kompetensi digital di kalangan pendidik. Selain itu, memastikan bahwa konten digital selaras dengan nilai-nilai Islam sangat penting. Studi ini menyimpulkan bahwa integrasi digital dapat memperkaya pendidikan Islam, asalkan sekolah mengatasi keterbatasan teknologi dan berinvestasi dalam pelatihan guru dan pengembangan konten yang sesuai.</p> Lailiya Rachmawati Syarif, Abdul Hamid Copyright (c) 2025 Istajadda: Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Istajadda/article/view/80 Wed, 11 Jun 2025 00:00:00 +0700 Media dan Teknologi dalam Pendidikan Islam https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Istajadda/article/view/89 <p>Perkembangan teknologi telah memengaruhi praktik pendidikan Islam, namun juga menimbulkan tantangan yang unik. Permasalahan utama Media dan Teknologi dalam Pendidikan Islam meliputi ketidaksesuaian konten digital dengan nilai-nilai Islam, minimnya pengembangan media pembelajaran berbasis syariah, dan resistensi sebagian pendidik terhadap teknologi karena kekhawatiran akan berkurangnya interaksi guru-murid secara langsung.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang dan tantangan teknologi dalam pendidikan Islam, mengevaluasi kesiapan lembaga pendidikan Islam dalam adopsi teknologi, dan merumuskan model integrasi teknologi yang selaras dengan prinsip Islam. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan para guru, observasi di madrasah terpilih, serta telaah literatur kitab klasik dan kontemporer tentang pendidikan Islam.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar madrasah telah menggunakan platform digital, namun hanya sebagian kecil saja yang memiliki konten berbasis kurikulum Islam terintegrasi, terdapat potensi besar <em>augmented reality </em>(AR) untuk pembelajaran sejarah Islam yang belum dimanfaatkan optimal; dan kekhawatiran ulama adalah berkurangnya penghayatan spiritual dalam pembelajaran daring. Temuan kunci penelitian ini adalah perlunya kerangka teknologi pendidikan Islam yang memadukan filter syariah untuk konten digital, pelatihan guru dalam teknologi Islami, dan pengembangan media interaktif seperti aplikasi tahfizh berbasis AI. Studi ini merekomendasikan kolaborasi antara pesantren, ahli teknologi, dan otoritas keagamaan untuk menciptakan ekosistem pendidikan Islam digital yang autentik.</p> Abdul Salam Copyright (c) 2025 Istajadda: Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Istajadda/article/view/89 Tue, 10 Jun 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V MI https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Istajadda/article/view/98 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Project Based Learning </em>terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V MI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2023 di salah satu Madrasah Ibtidaiyah. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa Uji statistik penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi statistika atau penyajian data pada kelompok eksperimen yang diajarkan model pembelajaran <em>Project Based Learning </em>lebih baik dari pada kemampuan pemecehan masalah matematika pada kelas kontrol yang diajarkan model pembelajaran <em>Direct Intruction.</em></p> Dinda Chairunnisa Jalih Copyright (c) 2025 Istajadda: Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Istajadda/article/view/98 Wed, 18 Jun 2025 00:00:00 +0700