Desain Model Komunikasi Mengajar Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi

Authors

  • Ika Barkah STAI At-Taqwa Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.71029/robbayana.v1i2.25

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Model Komunikasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran tentang permasalahan pembelajaran PAI di perguruan tinggi, metodologi pengajarannya, serta desain model komunikasi yang tepat untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar sebagai solusi atas permasalahan yang ditemukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka atau library research. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan beberapa referensi, baik berupa buku, artikel, dokumen, dan lain-lain yang berkaitan dengan model komunikasi mengajar Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting untuk membantu terbinanya sarjana beragama yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berpikir filosofis, bersikap rasional dan dinamis, berpandangan luas, ikut serta dalam kerja sama antarumat beragama dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan ilmu dan teknologi serta seni untuk kepentingan nasional. Diperlukan model komunikasi pengajaran yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut agar pengajaran PAI efektif. Model komunikasi tersebut harus sesuai dan efektif antara dosen dan mahasiswa di perguruan tinggi. Dosen harus memiliki integritas dan kapabilitas dalam tugasnya. Mahasiswa pun harus melakukan intracommunication yang terdiri atas tiga tahap, yaitu (1) persepsi (perception), (2) ideasi (ideation), dan (3) transmisi (tranmission). Di antara model komunikasi yang dapat diterapkan yaitu (1) model alur banyak tahap, (2) model HUB, dan (3) model Black and Whitney. Penerapan model komunikasi pengajaran tersebut akan berhasil jika terdapat dosen dan mahasiswa yang memiliki persamaan persepsi, latihan komunikasi verbal dan nonverbal, serta mendengarkan dan memberi respon dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-12-23

How to Cite

Barkah, I. (2023). Desain Model Komunikasi Mengajar Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 15–25. https://doi.org/10.71029/robbayana.v1i2.25

Issue

Section

Articles