Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Attaqwa 11 Bekasi

Authors

  • Sri Nurhasanah STAI At-Taqwa Bekasi
  • Ika Barkah STAI At-Taqwa Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i1.37

Keywords:

Talking Stick, Motivasi Belajar, Fiqih

Abstract

Suasana belajar yang menyenangkan, aktif dan bermakna bagi peserta didik perlu diciptakan dengan menerapkan metode pembelajaran aktif bagi peserta didik. Proses pembelajaran yang berlangsung

umumnya masih menggunakan metode konvensional, pembelajaran pasif dimana guru menerangkan materi dan peserta didik mendengarkan serta mencatat saja. Untuk memotivasi dan meningkatkan ketrampilan komunikasi pembelajaran fikih pada peserta didik di MTs Attaqwa 11 Sriamur yakni dengan menerapkan metode pembelajaran talking stick.

Metode Talking Stick adalah metode yang menggunakan sebuah tongkat sebagai alat bantu (penunjuk giliran). Siswa yang mendapat tongkat akan diberi pertanyaan. Fikih merupakan salah satu bidang studi Islam yang paling dikenal oleh masyarakat. Hal ini antara lain karena fikih terkait langsung dengan kehidupan masyarakat.

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Attaqwa 11 Sriamur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif tekniknya menggunakan angket. Populasi sebesar 112 siswa dengan sampel yang diambil Margin Error (5%) dari populasi didapat sampel sebanyak 88 siswa dengan teknis Sample Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket (kuesioner) dan dokumentasi, yang diolah dengan menggunakan uji t dan uji rxy. 

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan, semakin baik variabel X maka semakin tinggi pengaruh variabel X ( metode talking stick ) terhadap variabel Y ( motivasi belajar fikih ).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-06-10

How to Cite

Nurhasanah, S., & Barkah, I. (2024). Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Attaqwa 11 Bekasi . Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 72–89. https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i1.37

Issue

Section

Articles