Penguatan Pendidikan Islam di Era Post-Truth: Peran Literasi Media dalam Menangkal Distorsi Informasi

Authors

  • Ulil Devia Ningrum UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • M. Thoriq Syahdan UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Indra Wandi Ritonga UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Pendidikan, Islam, Literasi Media, Era Post-truth, Nilai Islam

Abstract

Era post-truth telah membawa dampak besar dalam dunia informasi, di mana emosi dan opini pribadi seringkali mengalahkan fakta objektif. Dalam konteks ini, pendidikan Islam menghadapi tantangan serius, khususnya dalam menangkal distorsi informasi keagamaan yang berkembang pesat di media digital. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana literasi media dapat dioptimalkan sebagai strategi penguatan pendidikan Islam di tengah arus informasi yang tidak selalu benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis relevansi literasi media dalam menghadapi era post-truth serta mengidentifikasi nilai-nilai Islam yang dapat menjadi landasan dalam membentuk kesadaran kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, di mana data dikumpulkan dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, artikel, dan dokumen digital yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi literasi media dalam pendidikan Islam sangat penting untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis, etis, dan bertanggung jawab dalam mengakses serta menyebarkan informasi. Selain itu, nilai-nilai keislaman seperti tabayyun, amanah, dan hikmah terbukti relevan dalam membangun kesadaran literasi yang kokoh dan kontekstual di tengah tantangan era post-truth.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-03

How to Cite

Ningrum, U. D., M. Thoriq Syahdan, Indra Wandi Ritonga, & Sari, H. P. (2025). Penguatan Pendidikan Islam di Era Post-Truth: Peran Literasi Media dalam Menangkal Distorsi Informasi. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1–16. Retrieved from https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Robbayana/article/view/69

Issue

Section

Articles