Integrasi Steam (Science, Technology, Engineering, Arts, And Mathematics) Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Smpit Global Madani
Keywords:
STEAM, Integrasi IPA, Kreatifitas, Pembelajaran, InovatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh integrasi pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terhadap peningkatan kreativitas siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Global Madani. Kreativitas merupakan keterampilan abad ke-21 yang esensial bagi siswa untuk menghadapi tantangan masa depan. Pendekatan STEAM yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu secara holistik diyakini dapat menstimulasi pemikiran divergen, inovasi, dan ekspresi diri siswa dalam konteks pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experiment) berupa pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VII SMPIT Global Madani yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (pembelajaran IPA dengan integrasi STEAM) dan kelompok kontrol (pembelajaran IPA konvensional). Data kreativitas siswa dikumpulkan melalui instrumen tes kreativitas yang valid dan reliabel sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan bukti empiris mengenai efektivitas integrasi STEAM dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA di SMPIT Global Madani.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mardais

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.