Integrasi Steam (Science, Technology, Engineering, Arts, And Mathematics) Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Smpit Global Madani

Authors

  • Mardais Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

STEAM, Integrasi IPA, Kreatifitas, Pembelajaran, Inovatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh integrasi pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terhadap peningkatan kreativitas siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Global Madani. Kreativitas merupakan keterampilan abad ke-21 yang esensial bagi siswa untuk menghadapi tantangan masa depan. Pendekatan STEAM yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu secara holistik diyakini dapat menstimulasi pemikiran divergen, inovasi, dan ekspresi diri siswa dalam konteks pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experiment) berupa pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VII SMPIT Global Madani yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (pembelajaran IPA dengan integrasi STEAM) dan kelompok kontrol (pembelajaran IPA konvensional). Data kreativitas siswa dikumpulkan melalui instrumen tes kreativitas yang valid dan reliabel sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan bukti empiris mengenai efektivitas integrasi STEAM dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA di SMPIT Global Madani.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-03

How to Cite

Mardais. (2025). Integrasi Steam (Science, Technology, Engineering, Arts, And Mathematics) Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Smpit Global Madani. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 63–72. Retrieved from https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Robbayana/article/view/75

Issue

Section

Articles