Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Al-Qur'an dan Hadist di SDIT Sirojut Taqwa
DOI:
https://doi.org/10.71029/robbayana.v1i1.16Keywords:
Pengaruh, Sirojut Taqwa, Tanya JawabAbstract
Sebuah lembaga SD Sirojut Taqwa yang merupakan sekolah dasar sering menggunakan metode tanya jawab pada metode ini adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa kepada guru. Pada pembelajaran ini dapat menggunakan alat pengukuran, yaitu berupa tes yang disusun secara terencana, baik tes tertulis, tes lisan, maupun tes perbuatan. Hal ini juga dilakukan pada pelajaran Al-Qur’an Hadist yang dipelajari oleh peserta.
Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Sirojut Taqwa Semester II, Tahun Ajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan metode angket dan dideskripsikan secara kuantitatif. Populasi 112 siswa dengan sampel yang diambil 88 siswa dengan menggunakan Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, angket (Kuesioner), nilai raport, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui Uji rxy, Uji t dan Uji Kd.
Berdasarkan uji thitung sebesar 10,202 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,990 dengan taraf nyata 0.05 (Degree of freedom) 86. Dengan demikian Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Karena thitung lebih besar dari ttabel. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Variabel X terhadap Variabel Y. Serta berdasarkan besarnya rxy product moment (0,74) yang terletak diantara 0,71 – 0,90 akhirnya terdapat korelasi yang kuat atau tinggi antara Variabel X terhadap Variabel Y. Dan berdasarkan uji KD didapatkan hasil sebesar artinya ada konlltribusi yang signifikan antara variabel X dan Y, sedangkan 45, 24% dipengaruhi oleh faktor lain.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (Metode Tanya Jawab) terhadap variabel Y (Hasil Belajar Siswa).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahmah Maulida, Zaenal Abidin , Iza Ma'rifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
