Peningkatan Kualitas Guru Dalam Menghadapi Gen A pada Era Society 5.0
Pentingnya Peningkatan Kualitas Guru dalam Menghadapi Gen A pada Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.71029/robbayana.v1i2.28Abstract
Guru mengajar, mendidik, membimbing, dan mengarahkan muridnya untuk memahami ilmu. Guru yang berkualitas sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan siswa berkualitas di masa depan yang senantiasa mengalami perubahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru yang ideal untuk menghadapi generasi alpha di era society 5.0. Generasi alpha adalah generasi yang lahir mulai tahun 2011 hingga sekarang, yaitu mereka yang duduk di kelas 1 sampai dengan kelas 6 sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. Mereka lahir, hidup, dan berdampingan dengan teknologi. Hal itu sezaman dengan era society 5.0 yang menjadikan teknologi sebagai sesuatu yang memudahkan aktivitas manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu studi pustaka atau library research. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan beberapa referensi, baik berupa buku, artikel, dokumen, dan lain-lain yang berkaitan dengan fokus penelitian. Hasil penelitian ini adalah bahwa guru ideal adalah guru yang kompeten di bidangnya. Untuk menjadi guru ideal, guru dapat mengikuti aturan yang dibuat oleh pemerintah. Pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, pada Pasal 10 Ayat 1 disebutkan bahwa kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Untuk menghadapi siswa generasi alpha yang hidup di era society 5.0, guru juga harus menguasai alat teknologi beserta perangkatnya dan dapat menggunakannya untuk kepentingan pendidikan dan pengajaran.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurul Amin NAM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
