Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa STAI Attaqwa Bekasi

Authors

  • Atmaja STAI At-Taqwa Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i1.34

Keywords:

Resource Based Learning, Bahasa Inggris, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Resource Based Learning terhadap hasil belajar Bahasa Inggris mahasiswa.

           Metode Resource Based Learning adalah segala bentuk belajar yang langsung menghadapkan mahasiswa dengan suatu atau sejumlah sumber belajar, secara individual atau kelompok dengan segala kegiatan belajar yang bertalian dengan itu, jadi bukan dengan cara yang konvensional dimana pengajar menyampaikan bahan pelajaran kepada pembelajar.

           Penelitian ini berlokasi di STAI At-taqwa Bekasi, yang dilakukan pada bulan Maret-Mei tahun akademik 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan dideskripsikan secara kuantitatif. Populasi sebesar 100 mahasiswa, sampel yang diambil menggunakan rumus slovin margin error (5%), maka didapat sampel sebesar 80 mahasiswa dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing- masing berjumlah 40 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode triangulasi data yang dilakukan melalui tehnik pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, diolah dengan menggunakan validitas dan reabiliti dianalisis melalui uji korelasi product moment (rxy) dan melalui uji t (taraf signifikan).

           Berdasarkan data Gain Score hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan Variabel X dan Variabel Y maka perlu diuji dengan melihat posisi nilai thitung. Berdasarkan uji thitung didapati nilai sebesar 8,21 dan nilai ttabel sebesar 1,990 dengan Df (degree of Freedom) sebesar 38. Dengan demikian Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan Variabel X dan Variabel Y. Serta berdasarkan besarnya rxy Product Moment (0.80) yang terletak diantara 0,71-0.90 pada Variabel X dan Variabel Y maka didapati korelasi tinggi atau kuat. Berdasarkan uji KD didapati konstribusi Variabel X terhadap Variabel Y sebesar 64%, sedangkan 36% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-06-10

How to Cite

Atmaja. (2024). Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa STAI Attaqwa Bekasi. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i1.34

Issue

Section

Articles