Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

Authors

  • faizah furqon Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nanang Winarno Universitas Pendidikan Indonesia
  • Eva Afianti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i2.43

Keywords:

Kemampuan, Berpikir, Kritis, Role Playing, IPA

Abstract

Berpikir kritis merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki peserta didik pada abad 21 ini terutama untuk mempelajari mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pre eksperimen dengan metode one grup pretest-postest. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII8 SMPN 52 Bandung yang berjumlah 34. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 10 soal uraian. Dari hasil uji paired sample T-test didapatkan nilai Signifikansi sebesar <0,001, nilai tersebut kurang dari taraf signifikansi yaitu sebesar 0,05, sehingga kesimpulannya H0 ditolak dan Ha diterima, selanjutnya dilakukan uji N-Gain dan diperoleh hasil 0,17 < 0,30 yang berarti pengaruh perlakuan yang diberikan tergolong rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup yang ditandai dengan kenaikan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 8,03.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

furqon, faizah, Winarno, N., & Afianti, E. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i2.43

Issue

Section

Articles