Kewajiban Belajar Mengajar dalam Perspektif Al-Qur'an dan Relevansinya bagi Pendidikan Islam Kontemporer
DOI:
https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i2.54Kata Kunci:
Kewajiban, Belajar, Mengajar, Al-Qur'an, Pendidikan, Islam, Tafsir, KontemporeAbstrak
Penelitian ini membahas konsep kewajiban belajar mengajar dalam perspektif Al-Qur'an dan relevansinya bagi pendidikan Islam kontemporer. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan tafsir tematik (maudhu'i), penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan kewajiban belajar dan mengajar sebagai bagian integral dari pembentukan karakter Islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Qur'an memandang proses pendidikan sebagai ibadah yang melibatkan tanggung jawab moral dan spiritual, serta menekankan pentingnya etika antara guru dan murid, penghargaan terhadap ilmu, dan motivasi belajar yang berlandaskan keimanan. Temuan ini memiliki relevansi yang besar dalam menjawab tantangan pendidikan Islam saat ini, yang sering kali berfokus pada aspek teknis dan akademik tanpa memperhatikan pembentukan karakter. Penelitian ini merekomendasikan agar pendidikan Islam kontemporer mengintegrasikan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kurikulum dan pendekatan pembelajaran untuk menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki integritas dan akhlak mulia. Implikasi dari penelitian ini memberikan arah bagi pengembangan sistem pendidikan Islam yang seimbang antara kecakapan intelektual dan moral, sesuai dengan tujuan pendidikan dalam Islam.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tuty Alawiyah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
