Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Setingkat Menengah Atas

Penulis

  • Erni Wijayanti Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i2.56

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Disiplin, Pendidikan, Agama, Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa tingkat menengah atas. Disiplin belajar, yang mencakup keteraturan, manajemen waktu, dan motivasi, diharapkan dapat meningkatkan pencapaian akademik siswa. Disiplin belajar merupakan salah satu faktor pembelajaran yang aktif. Studi ini menerapkan metode kajian literatur melalui analisis terhadap berbagai sumber ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara disiplin belajar dan hasil belajar pendidikan agama Islam. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan disiplin belajar berkontribusi pada peningkatan hasil belajar siswa dalam pendidikan agama Islam. Rekomendasi diberikan untuk guru dan orang tua dalam upaya mendukung disiplin belajar siswa agar dapat mencapai prestasi akademik yang lebih baik dalam bidang pendidikan agama Islam.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-12-04

Cara Mengutip

Wijayanti, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Setingkat Menengah Atas. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 73–84. https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i2.56

Terbitan

Bagian

Articles