Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Al-Qur'an dan Hadist di SDIT Sirojut Taqwa

Penulis

  • Rahmah Maulida STAI At-Taqwa Bekasi
  • Z. Abidin STAI At-Taqwa Bekasi
  • Iza Ma'rifah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.71029/robbayana.v1i1.16

Kata Kunci:

Pengaruh, Hasil Belajar, Sirojut Taqwa, Tanya Jawab

Abstrak

Sebuah lembaga SD Sirojut Taqwa yang merupakan sekolah dasar sering menggunakan metode tanya jawab pada metode ini adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa kepada guru. Pada pembelajaran ini dapat menggunakan alat pengukuran, yaitu berupa tes yang disusun secara terencana, baik tes tertulis, tes lisan, maupun tes perbuatan. Hal ini juga dilakukan pada pelajaran Al-Qur’an Hadist yang  dipelajari oleh peserta.

Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Sirojut Taqwa Semester II, Tahun Ajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan metode angket dan dideskripsikan secara kuantitatif. Populasi 112 siswa dengan sampel yang diambil 88 siswa dengan menggunakan Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, angket (Kuesioner), nilai raport, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui Uji rxy, Uji t dan Uji Kd.

Berdasarkan uji thitung sebesar 10,202 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,990 dengan taraf nyata 0.05 (Degree of freedom) 86. Dengan demikian Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Karena thitung lebih besar dari ttabel. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Variabel X terhadap Variabel Y. Serta berdasarkan besarnya rxy product moment (0,74) yang terletak diantara 0,71 – 0,90 akhirnya terdapat korelasi yang kuat atau tinggi antara Variabel X terhadap Variabel Y. Dan berdasarkan uji KD didapatkan hasil sebesar  artinya ada konlltribusi yang signifikan antara variabel X dan Y, sedangkan 45, 24%   dipengaruhi oleh faktor lain.

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (Metode Tanya Jawab) terhadap variabel Y (Hasil Belajar Siswa).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-06-12

Cara Mengutip

Maulida, R., Abidin , Z., & Ma’rifah, I. (2023). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an dan Hadist di SDIT Sirojut Taqwa. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 50–65. https://doi.org/10.71029/robbayana.v1i1.16

Terbitan

Bagian

Articles