Pendidikan Islam Dalam Perspektif KH. Noer Ali
DOI:
https://doi.org/10.71029/robbayana.v1i2.18Kata Kunci:
Perspektif, Pendidikan Islam, KH. Noer AliAbstrak
Noer Alie selain ulama dan tokoh pejuang kemerdekaan Jawa Barat adalah sosok ahli pendidikan Islam yang menekankan bahwa sumber utama dan landasan kurikulum pendidikan Islam haruslah sejalan dengan ajaran Islam yaitu al-Qur'ān dan as-Sunnah. Bagi, KH. Noer Alie landasan kurikulum pendidikan Islam merupakan implementasi dari keselarasan kurikulum pendidikan islam dengan perkembangan ilmu pengetahuan, ia memandang kuriulum harus integralistik bukan dikotomistik. Ini menunjukkan adanya dinamika dan keterbukaan dalam pemikiran KH. Noer Alie. Ia memandang implikasi kurikulum pendidikan Islam harus dinamis dalam upaya pembaharuan kurikulum agar tidak ketinggalan zaman, atau selalu up to date. Penelitian ini menggunakan penelitian perpustakaan. Teknik penulisan datanya ditekankan pada analisis teks dan kajian serta studi kepustakaan, dilakukan dengan mengumpulkan literatur-literatur yang berkaitan dengan bahan penelitian, baik berupa buku, majalah, artikel maupun opini dari beberapa tokoh dan buku-buku yang relevan dengan penelitian ini. Menurut KH Noer Alie, manusia pada hakekatnya diciptakan dalam upaya mengemban amanah untuk mengabdi kepada Allah SWT (‘abdullah) dan tugasnya sebagai Khalīfatullah di muka bumi. Tujuan manusia hidup menurut agama Islam adalah: pertama, supaya manusia menjalankan fungsinya sebagai khalifah fil ardh, kedua agar manusia selalu berbakti kepada Allah SWT dan kedua orang tuanya. Tujuan pembentukan akhlak manusia ini akan bersinggungan langsung dengan tujuan pendidikan agama Islam, karena pendidikan Islam pada dasarnya adalah untuk menjangkau kehidupan manusia yang benar (sesuai antara tutur kata dan perbuatan), pintar (memiliki pengetahuan dan berakhlak baik) dan trampil (memiliki kecapakan dalam segala aspek kehidupan).
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Abdul Salam

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
