Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil belajar SiswaPada Mata Pelajaran Fiqih di MTS Attaqwa 19 Kel. Kebalen, Kec. Babelan, Kab. Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.71029/robbayana.v1i2.23Abstrak
Pendidikan adalah suatu hal yang penting bagi kehidupan nyata. Pendidikan diharapkan dapat membentuk sosok manusia yang berpendidikan dan beradab dalam kehidupannya. Selain itu, pendidikan merupakan upaya sadar dan terencana dalam proses pembimbingan dan pembelajaran bagi individu agar tumbuh berkembang menjadi manusia yang mandiri, bertanggung jawab, kreatif, berilmu, sehat, dan berakhlak mulia.
Mind mapping merupakan metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatifitas belajar siswa. Metode pembelajaran mind mapping dirancang untuk mengembangkan siswa dengan kreatif menyusun ide-ide pokok dari sebuah konsep peta pikiran yang mudah dipahami oleh siswa. Peta pikiran tersebut dapat meringkas informasi yang panjang menjadi diagram yang warna-warni, sangat teratur, dan mudah diingat yang bekerja selaras dengan cara kerja alami otak dalam melakukan berbagai hal. Otomatis kerjanya pun sesuai dengan kealamian cara berpikir manusia.
Penelitian ini dilakukan di MTs Attaqwa 19 Kel. Kebalen Kec. Babelan Kab. Bekasi yang dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan April 2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, PTK, dan dokumentasi. Populasi sebesar 100 siswa, sampel yang diambil menggunakan rumus Slovin margin error (5%), maka di dapat sampel sebesar 80 siswa dibagi menjadi dua kelas, kelas eskperimen dan kelas kontrol, masing-masing berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik Pre-test dan Post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.Validitas dan reliabilitas dan dianalisis melalui uji korelasi Product Moment (rxy), melalui uji t (taraf signifikan) dan melalui gain score.
Berdasarkan hasil uji t didapati thitung sebesar 7,19 sedangkan ttabel 2.021 thitung lebih besar dari ttabel dengan DF (degree of freedom) 38. Dengan demikian Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesi Alternatif (Ha) diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (Pengaruh Metode Mind Mapping) dengan variabel Y (Terhadap Hasil Belajar Fiqih). Berdasarkan uji KD menyatakan bahwa metode Mind Mapping memberi pengaruh yang signifikan sebesar 57,76% dan 42,24% dipengaruhi oleh faktor lain dan gain score sebesar 8,7.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (Metode Mind Mapping) terhadap variabel Y (Hasil Belajar Fiqih).
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Intan Lestari, S. Bahri

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
