Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Semester 1 STAI Attaqwa Bekasi

Penulis

  • Atmaja STAI At-Taqwa Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i1.34

Kata Kunci:

Pendekatan, Resource Based Learning, Bahasa Inggris

Abstrak

Metode Resource Based Learning adalah segala bentuk belajar yang langsung menghadapkan mahasiswa dengan suatu atau sejumlah sumber belajar, secara individual atau kelompok dengan segala kegiatan belajar yang bertalian dengan itu, jadi bukan dengan cara yang konvensional dimana pengajar menyampaikan bahan pelajaran kepada pembelajar.

Berdasarkan data Gain Score hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan Variabel X dan Variabel Y maka perlu diuji dengan melihat posisi nilai thitung. Berdasarkan uji thitung didapati nilai sebesar 8,21 dan nilai ttabel sebesar 1,990 dengan Df (degree of Freedom) sebesar 38. Dengan demikian Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan Variabel X dan Variabel Y. Serta berdasarkan besarnya rxy Product Moment (0.80) yang terletak diantara 0,71-0.90 pada Variabel X dan Variabel Y maka didapati korelasi tinggi atau kuat. Berdasarkan uji KD didapati konstribusi Variabel X terhadap Variabel Y sebesar 64%, sedangkan 36% dipengaruhi oleh faktor lain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-10

Cara Mengutip

Atmaja. (2024). Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Semester 1 STAI Attaqwa Bekasi . Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i1.34

Terbitan

Bagian

Articles