Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Semester 1 STAI Attaqwa Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i1.34Kata Kunci:
Pendekatan, Resource Based Learning, Bahasa InggrisAbstrak
Metode Resource Based Learning adalah segala bentuk belajar yang langsung menghadapkan mahasiswa dengan suatu atau sejumlah sumber belajar, secara individual atau kelompok dengan segala kegiatan belajar yang bertalian dengan itu, jadi bukan dengan cara yang konvensional dimana pengajar menyampaikan bahan pelajaran kepada pembelajar.
Berdasarkan data Gain Score hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan Variabel X dan Variabel Y maka perlu diuji dengan melihat posisi nilai thitung. Berdasarkan uji thitung didapati nilai sebesar 8,21 dan nilai ttabel sebesar 1,990 dengan Df (degree of Freedom) sebesar 38. Dengan demikian Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan Variabel X dan Variabel Y. Serta berdasarkan besarnya rxy Product Moment (0.80) yang terletak diantara 0,71-0.90 pada Variabel X dan Variabel Y maka didapati korelasi tinggi atau kuat. Berdasarkan uji KD didapati konstribusi Variabel X terhadap Variabel Y sebesar 64%, sedangkan 36% dipengaruhi oleh faktor lain.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Atmaja

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
