ANALISIS KESULITAN MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS MAHASISWA PRODI PAI STAI AT-TAQWA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.71029/robbayana.v1i1.4Kata Kunci:
Bahasa Inggris, Pembelajaran, KesulitanAbstrak
Penelitian ini menganalisis kesulitan belajar bahasa Inggris mahasiswa prodi PAI AT-TAQWA Bekasi. Fokus penelitian ini adalah menemukan kesulitan mahasiswa dalam menguasai kompetensi bahasa Inggris dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Islam At-taqwa dengan melibatkan 60 mahasiswa. Peneliti menggunakan pendekatan klasik dan individual dalam mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif. Prosedur yang digunakan konteks, input, proses, dan produk / CIPP-Model Evaluasi untuk manfaatnya untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Data dianalisis dengan menggunakan McDonough & McDonough Model, yaitu .: (1) eksplorasi pada kedua proses belajar mahasiswa dan hasilnya; (2) menganalisis hasil eksplorasi melalui kuesioner, wawancara dengan mahasiswa; (3) melakukan peer-debriefing, yaitu wawancara dengan dosen lain yang terkait dengan, metode, konten silabus, apakah mereka telah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Temuan menunjukkan bahwa mahasiswa belajar bahasa Inggris kesulitan untuk: (1) rasa dipaksa; (2) penguasaan rendah pada konsep dasar / intake; (3) kurang dukungan dari lingkungan mereka; (4) lupakan faktor; (5) memiliki lebih sedikit kesempatan untuk berlatih. Sehubungan dengan temuan tersebut, disarankan agar dosen dan lembaga harus memfasilitasi dan memberikan motivasi tinggi untuk proses belajar bahasa Inggris mahasiswa mereka.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Atmaja

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
