Penerapan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas X pada Pembelajaran Kimia
DOI:
https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i2.45Kata Kunci:
Teaching at The Right Level, Keaktifan, Peserta Didik, Pembelajaran, KimiaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Banda Aceh pada proses pembelajaran kimia dengan menerapkan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dan subjek penelitian terdiri dari 35 siswa di kelas X-3. Data dikumpulkan melalui pendekatan observasi dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data dilakukan melalui teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TaRL dalam pembelajaran kimia meningkatkan keaktifan siswa di kelas X-3. Pada siklus I, rata-rata persentase keaktifan belajar peserta didik adalah 83,99%. Namun, pada siklus II, persentase ini meningkat menjadi 90,31%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan TaRL sangat cocok untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di SMA Negeri 6 Banda Aceh.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Gusti Rahman, Rika Rafikah Agustin, Erisna Mirda, Abdul Gani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
