Penerapan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas X pada Pembelajaran Kimia

Penulis

  • Gusti Rahman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rika Rafikah Agustin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Erisna Mirda Universitas Syiah Kuala
  • Abdul Gani Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i2.45

Kata Kunci:

Teaching at The Right Level, Keaktifan, Peserta Didik, Pembelajaran, Kimia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Banda Aceh pada proses pembelajaran kimia dengan menerapkan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dan subjek penelitian terdiri dari 35 siswa di kelas X-3. Data dikumpulkan melalui pendekatan observasi dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data dilakukan melalui teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TaRL dalam pembelajaran kimia meningkatkan keaktifan siswa di kelas X-3. Pada siklus I, rata-rata persentase keaktifan belajar peserta didik adalah 83,99%. Namun, pada siklus II, persentase ini meningkat menjadi 90,31%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan TaRL sangat cocok untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di SMA Negeri 6 Banda Aceh.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-12-04

Cara Mengutip

Rahman, G., Agustin, R. R., Mirda, E., & Gani, A. (2024). Penerapan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas X pada Pembelajaran Kimia . Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 10–17. https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i2.45

Terbitan

Bagian

Articles