Pembelajaran Tutor Sebaya Dengan Zep Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi

Penulis

  • Najarudin Program Magister Pendidikan MIPA Universitas Indraprasta PGRI
  • Robby Zidny Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang

Kata Kunci:

Tutor Sebaya, Zep-Quiz, Pembelajaran, Laju Reaksi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran tutor sebaya yang dibantu aplikasi Zep Quiz dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain One Group Pretest–Posttest. Sampel terdiri dari 32 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Padarincang yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda 30 butir, yang telah diuji validitas ahli. Sebelum intervensi, siswa mengikuti pretest, kemudian pada 4kali pertemuan berikutnya dilaksanakan pembelajaran tutor sebaya dengan media Zep Quiz, dan diakhiri dengan posttest. Data dianalisis menggunakan uji Shapiro–Wilk untuk normalitas dan paired-sample t-test untuk menguji perbedaan skor pretest dan posttest dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata skor pretest sebesar 35,94 menjadi 82,50 pada posttest, dengan p-value < 0,001, sehingga terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran tutor sebaya berbasis aplikasi Zep Quiz efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di kelas XI IPA SMAN 1 Padarincang

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-06-03

Cara Mengutip

Najarudin, & Robby Zidny. (2025). Pembelajaran Tutor Sebaya Dengan Zep Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 73–87. Diambil dari https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Robbayana/article/view/76

Terbitan

Bagian

Articles