Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Kooperatif, Jigsaw, Matematika, Bangun DatarAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi bangun ruang sisi datar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw di SMP Negeri 6 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Classroom Action Research yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : Perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi dan refleksi. Sampel yang digunakan adalah 41 orang siswa kelas VIII . Teknik pengumpulan data dapat berupa data tes dan non tes. Data non tes seperti: observasi terhadap peneliti, observasi terhadap aktivitas peserta didik, wawancara dan angket dilakukan pada tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika yang signifikan pada peserta didik kelas VIII. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata pada siklus I sebesar 61,5 siklus 2 sebesar 65,5 dan siklus 3 sebesar 74,5. Siswa terlihat aktif dalam proses pembelajaran, berfikir dan bekerja atas inisiatif sendiri dan tumbuh kemandirian, keberanian, dan rasa percaya diri dalam mengerjakan soal. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Wawan Tarwana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
