IMPLEMENTASI GARUDA CBT DALAM ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG DI SMP AR-RAHMAH JONGGOL
Kata Kunci:
Garuda CBT, Asesmen Sumatif , SMP Ar-Rahmah Jonggol, Penilaian DigitalAbstrak
Penilaian hasil belajar di akhir jenjang pendidikan merupakan bagian penting dalam evaluasi pembelajaran. SMP Ar-Rahmah Jonggol mengimplementasikan sistem Garuda CBT (Computer-Based Test) dalam pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ). Tujuan jurnal ini adalah mendeskripsikan proses, manfaat, dan tantangan penggunaan Garuda CBT dalam ASAJ. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Garuda CBT memberikan efisiensi dalam distribusi soal, koreksi otomatis, dan pengelolaan data hasil ujian. Meski demikian, pelaksanaan sistem ini masih menghadapi tantangan pada aspek kesiapan infrastruktur dan keterampilan teknis. Oleh karena itu, pelatihan dan peningkatan sarana teknologi menjadi faktor penting untuk keberlanjutan implementasi Garuda CBT secara optimal.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ziyad Muhammad Sulthon El Barqy

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
