Analisis Isi Pesan Dakwah Perempuan Dan Pendidikan Di Youtube @BincangMuslimah

Authors

  • Helviani Putri STAI At-Taqwa Bekasi
  • Muhammad Fanshoby UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.71029/bayyin.v2i1.35

Keywords:

Pesan Dakwah, Perempuan, Pendidikan, Youtube

Abstract

Dakwah sudah banyak dilakukan di media sosial YouTube. Salah satu akun dakwah yang menggunakan media sosial YouTube untuk berdakwah adalah akun dakwah Bincang Muslimah. Munculnya komunitas dakwah Islam di era modern ini juga menjadi solusi dalam dakwah, apalagi jika pemateri dakwah dapat menyesuaikan, serta materi-materi yang disampaikan sesuai dengan fenomena yang sedang terjadi saat ini. Seperti kondisi yang masih terjadi pada perempuan sekarang ini, pendidikan tinggi bagi kaum perempuan dinilai kurang penting karena kodrat perempuan yang hanya di dapur. Pendidikan tinggi sebenarnya penting bagi keberlangsungan kehidupan bagi semua gender. Melihat kondisi dan dakwah yang telah dilakukan pada akun Bincang Muslimah, Berdasarkan masalah penelitian, maka dalam penyusunan skripsi ini peneliti mengangkat judul “Analisis Isi Pesan Dakwah Perempuan dan Pendidikan di YouTube @BincangMuslimah”.

Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teori analisis isi Philipp Mayring. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Untuk kekuatan referensi, peneliti juga menggunakan teknik kepustakaan dalam pengumpulan data.

Hasil yang didapatkan oleh peneliti dari penelitian ini adalah pesan dakwah syariah ibadah, Al-qur’an sebagai sumber ilmu, ilmu kunci kebahagiaan, kewajiban menuntut ilmu dan pentingnya pendidikan. Pesan dakwah syariah muamalah perempuan berpendidikan tinggi menjadi ibu rumah tangga, dan Pendidikan sebagai arahan bagi perempuan dalam mengambil keputusan di kehidupan rumah tangga. Sedangkan pesan dakwah yang paling dominan, yang terdapat pada akun @Bincangmuslimah dalam video “Perempuan Berpendidikan Tinggi dibilang “ga bakal laku” adalah pesan dakwah syariah ibadah.

Pada akun @Bincangmuslimah dalam video “Perempuan Berpendidikan Tinggi dibilang “ga bakal laku” terdapat empat pesan dakwah syariah ibadah, dua pesan dakwah mualah, dan pesan dakwah syariah ibadah yang paling dominan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Bayanuni, Muhammad Abu Al-Fath. 2010. Pengantar Studi Ilmu Dakwah Edisi Indonesia. Jakarta : Pustaka Al-Kautsar.

Ali, Moh Daud. 2011. Pendidikan Agama Islam. Jakarta, Rajawali Pers.

Alyusi. 2016. Media Sosial Interaksi, Identitas dan Media Sosial. Jakarta : kencana.

Amin, Samsul Munir. 2013. Ilmu Dakwah. Jakarta : Amzah. Cetakan Ke-2

Arifin, Tatang A. 1968. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta : Rajawali Press.

Aripudin, Acep, Syukriadi Sambas. 2012. Dakwah Antarbudaya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Aziz, Moh Ali. 2017. Ilmu Dakwah. Jakarta : Kencana.

Eriyanto. 2011. Analisis Isi Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Prenada Media Group.

Ilyas ismail. 2018. The True Dakwah menggagas Paradigma Baru Dakwah Era Milenial. Jakarta : Prenada Media Group Divisi Kencana.

Krisyanto, Rachmat. 2019. Pengantar Ilmu Komunikasi Filsafat dan Etika Ilmu Serta Perspektif Islam. Jakarta : Kencana.

Ma’arif, Bambang Syaifudin. 2010. Komunikasi Dakwah : Paradigma Untuk Aksi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Martono, Nanang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif : Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Edisi Revisi Cet. Ke-3. Jakarta : Rajawali Pers.

Mayring, Philipp. 2014. Qualitative Content Analysis. Theoretical Foundation, Basic Procedures and Software Solution. Austria.

Rulli Nasrullah. 2018. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Suhandang, Kustadi. 2013. Ilmu Dakwah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sukayat, Tata. 2015. Ilmu Dakwah perspektif Filsafat Mabadi ‘Asyarah. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Aji, Ahmad Mukri, Harisah Harisan, Syarifah Gustiawati Mukri. 2020. Hak Wirausaha Perempuan Perspektif Maqasid Syariah. Islam Banking : Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah. Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) IGM Palembang.

Arafat, Gusti Yaser. 2018. Membongkar Isi Pesan dan Media dengan Content Analysis. Banjarmasin : Jurnal Al Hadhara. UIN Antasari Banjarmasin.

Asih, Cahya Dwi Putri. Prawinda Putri Anzani. 2021. Persepsi Masyarakat Terhadap Kesempatan Pendidikan Tinggi Bagi Kaum Perempuan. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovasi Ilmu-ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang.

Faizah, Ica. 2020. Dakwah dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Holistic Al-Hadis. UIN Sultan Maulama Hasanuddin Banten.

Irawan, Deni, Suriadi. 2019. Komunikasi Dakwah Kultural di Era Milenial. Alhadharah : Jurnal Ilmu Dakwah. UIN Antasari.

Jafar, Iftitah, Mudzahira Nur Amrulla. 2018. Bentuk-bentuk Pesan Dakwah Dalam Kajian Al-Qur’an. Makassar : Jurnal Komunikasi Islam. UIN Alauddin Makassar.

K, I Makna A’raaf K, Dkk. 2021. Penggunaan Aplikasi YouTube Sebagai Media Dakwah di Era Pandemi COVID-19. APLIKASIA : Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta.

Karman. 2014. Media Sosial : Antara Kebebasan dan Eksploitasi. Jakarta : Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Lubis, Muhammad Novriansyah. 2021. Dampak Pernikahan Usia Dini Terhadap Pendidikan Perempuan di Kota dan Desa. Jurnal Education and Learning. MAN 1 Deli Serdang.

Miyanto, Duwi. 2021. Analisis Terhadap Surat Al-Alaq Ayat 1-5 Tentang Nilai-nilai Pendidikan Islam. Al-Iman : Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan. Universitas Wahid Hasyim.

Mohamad, Usep. 2020. Konsep kebahagiaan Menurut Ibn Al-Haytham. Islamica : Jurnal Studi Keislaman. Universitas Komputer Indonesia Bandung.

Monicha, Febrian, Endri Yenti. 2022. Pendidikan Perempuan Menurut Rahma El-Yunusiyah dalam Perspektif Hadis. Humantech : Jurnal ilmiah Multidisiplin Indonesia. IAIN Bukittinggi.

Mujahid, Azmi Fadhilah, Muhammad Fauzi Arif. 2022. Analisis Isi Pesan dakwah yang Terkandung dalam akun Instagram @Shiftmedia.id. Bandung : Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam (JRKPI).

Mulawarman, Aldila Dyas Nurfitri. 2017. Perilaku Pengguna Media Sosial serta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Semarang : Jurnal Buletin psikologi. Universitas Negeri Semarang.

Musyafaah, siti, Jasminto jasminto. 2020. Peran Perempuan Berpendidikan Tinggi Dalam Kesejahteraan Keluarga. Al-Misbah : Jurnal Islamic Studies. Universitas Hasyim Asy'ari Jombang.

Putry, Raihan. 2015. Kepemimpinan Perempuan dalam Perspektif Islam. Aceh : Jurnal Mudarrisuna Media Kajian Pendidikan Agama Islam. UIN Ar-Raniry.

Rahmayani, Maulina. 2021. Persepsi Masyarakat Terhadap Pentingnya Pendidikan Tinggi untuk Kaum Perempuan. Jakarta : Jurnal Sosial dan Sains. Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta.

Said, Colle. 2016. Paradigma Pendidikan dalam Perspektif Surah Al-Alaq Ayat 1-5. Hunafa : Jurnal Studia Islamika. UIN Makassar.

Setiawati, Elis, Elly Malihah, Siti Komariah. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perempuan Berpendidikan Tinggi Berperan Sebagai Pengambil Keputusan Dalam Keluarga di Kelurahan Isola. Sosietas : Jurnal Pendidikan Sosiologi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Shoma Noor, Siti Malaiha. 2021. Analisis Pesan Dakwah Aqidah, Akhlak, dan Sayari’ah dalam Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis. Kudus : At tabsyir Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. IAIN Kudus.

Siahaan, Rahmi Fitra Ulwani. 2019. YouTube Sebagai Media Dakwah. Sumatra : Jurnal Academia.edu. UIN Sumatra Utara.

Syamsiyah, Dailatus. 2015. Perempuan dalam Tantangan Pendidikan Global : Kontribusi Kaum Perempuan dalam Mewujudkan Millenium Development Goals. Palastren : Jurnal Studi Gender IAIN Kudus.

Umi Alflaha. 2017. Kaos Hadis Sebagai Media Dakwah dan Komunikasi Alternatif. INJECT : Interdisciplinary Journal of Communication 2. Institut Ilmu Al-qur’an An-Nur Yogyakarta.

Watie, Errika Dwi Setya. 2011. Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media. Semarang : Jurnal The Messenger. Universitas Semarang.

Wijayanti, Maf’ula, Oksiana Jatiningsih. 2021. Persepsi Masyarakat Desa Gumeng Kabupaten Mojokerto Terhadap Pendidikan Tinggi Bagi Perempuan. Surabaya : Journal of Civic and Moral Studies. Universitas Negeri Surabaya.

Wirian, Oktrigana. 2017. Kewajiban belajar dalam Hadis Rasulullah SAW. Sabilarrasyad : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Guru SMAN 1 Pantai Labu.

Yantos. 2013. Analisis Pesan-pesan Dakwah Dalam Syair-syair Lagu Opick. Jurnal Risalah. UIN Suska Riau.

Zain, Arifin. 2019. Dakwah Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadis. Jurnal At-Taujih. UIN Ar-Raniry.

Zuhriyah, Lailattuz. 2018. Perempuan, Pendidikan dan Arsitek Peradaban Bangsa. Tulungagung : Jurnal Perempuan dan Anak. IAIN Tulungagung.

Published

2024-06-10

How to Cite

Putri, H., & Fanshoby, M. (2024). Analisis Isi Pesan Dakwah Perempuan Dan Pendidikan Di Youtube @BincangMuslimah. Bayyin: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 44–60. https://doi.org/10.71029/bayyin.v2i1.35

Issue

Section

Articles