Analisis Pesan Dakwah ”Apa Benar Kita Tidak Boleh Menangisi Jenazah?” Pada Akun Tiktok @Syam_Elmarusy
DOI:
https://doi.org/10.71029/bayyin.v3i1.86Keywords:
Analisis, Pesan, Dakwah, Rolland Barthes, TiktokAbstract
Tiktok menjadi salah satu media yang digunakan untuk berdakwah, terutama dakwah syariah. Tiktok merupakan media sosial yang awalnya dinilai memiliki dampak negatif, kini juga dapat memberikan dampak positif yaitu sebagai media menyebarkan ajaran islam seperti yang dilakukan oleh para da’i. Salah satunya adalah Ustadz Syam. Maka, peneliti akan mengkaji lebih jauh pesan dakwah yang disampaikan oleh Ustadz Syam sekaligus makna denotasi, konotasi, dan mitos yang terkandung melalui konten video yang berjudul ” Apa Benar Kita Tidak Boleh Menangisi Jenazah?” pada akun Tiktok @Syam_elmarusy.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis semiotika model Roland Barthes. Semiotika Roland Barthes menghasilkan makna dari tanda-tanda yang dikenal dua tatanan signifikansi yaitu makna denotasi dan konotasi tanpa mengesampingkan mitos yang ada. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data yang berbentuk video Ustadz Syam pada akun Tiktoknya. Video yang dikumpulkan disesuaikan dengan kebutuhan peneliti, kemudian mencatat dialog dan dianalisis pesan dakwahnya sehingga terbentuk kumpulan data yang telah dideskripsikan.
Hasil penelitian menunjukan makna denotasi dalam konten video Ustadz Syam yaitu gambaran umum Ustadz Syam ketika tengah menyampaikan dakwah. Makna konotasi pada konten video berupa penampilan, intonasi suara, mimik, gerak tubuh seperti sikap menghormati, interaksi sosial ketika mengucapkan salam dan menyapa, mengingatkan kebaikan, dan menghargai perbedaan pendapat sehingga membentuk mitos berupa pesan-pesan secara visual maupun verbal.
Downloads
References
Aripuddin, Dakwah Antarbudaya (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012) Andani, Muhammad Rifqi, Menangisi Kematian Dalam Perspektif Hadits dan
Psikologi (Studi Ma’anil Hadits), Jurnal Studi Hadits Nasional Aziz, Moh Ali, Ilmu Dakwah, (Jakarta: Kencana, 2004)
Barthes, Roland, Elemen-Elemen Semiologi (Yogyakarta: JALASUTRA, 2012) Barthes, Roland, Mitologi (Yogyakarta: Kreasi wacana, 2004)
Barthes, Roland, Petualangan Semiologi Roland Barthes (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007)
Budiantoro, Wahyu, 2017. Dakwah di Era Digital. Komunika, Vol. 11 No. 02 Juli Desember. Pascasarjana Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Purwokerto.
Daklan, Abdul Aziz, Ensiklopedi Hukum Islam (Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1996).
Febriana, Ayu, 2021. Pemanfaatan Tiktok Sebagai Media Dakwah; Studi Kasus Ustadz Syam, di akun @syam_elmarusy. Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, Vol. 11 No. 02.
Hidayatullah, Ahmad Fathan. 2016. Twitter Sebagai Media Dakwah. Teknoin, Vol. 22, No. 1 Maret. Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia.
Jannati, Zhila. 2022. Konsep Doa Dalam Perspektif Islam. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan, Vol. 6 No. 1. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Masfufah, A’yun. 2019. Dakwah Digital Habib Husein Ja’far Al Haddar. Jurnal dakwah, Vol. 20, No. 2. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nurhadi, Zikri Fachrul, 2017. Model Komunikasi Sosial Remaja Melalui Media Twitter. Jurnal ASPIKOM, Vol. 03 No. 03 Juli. Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Public Relations Universitas Garut.
Sa’ad, Baharun, Istifa, Simulakra Bahasa Agama Da’i Milenial di Media ”Tiktok”, (Surabaya: Jurnal Komunikasi Islam, 2020)
S Hidayat, M, Public Speaking dan Teknik Presentasi (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006).
Tata Sukayat, Quantum Dakwah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amanda Tazqia Nur Azizah, Muhammad Fanshoby

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.