Optimalisasi Penggunaan Website Sebagai Media Publikasi Laz Attaqwa: Strategi Peningkatan Efektivitas
DOI:
https://doi.org/10.71029/bayyin.v3i1.67Keywords:
Website, Media Publikasi, LAZ ATTAQWA, Public Relations, P.E.N.C.I.L.SAbstract
Pentingnya media online dalam menyebarluaskan informasi dan meningkatkan keterlibatan komunitas. Publikasi atau penyebaran informasi kini dapat dilakukan oleh siapa pun, kapan saja, dan melalui berbagai media, baik cetak maupun elektronik. Teknologi informasi modern, khususnya internet, memungkinkan penyebaran informasi tanpa batas ruang dan waktu, menjadikan website sebagai sarana komunikasi dan penyampaian informasi yang efisien dan efektif. LAZ ATTAQWA, sebagai lembaga pengelola zakat, memanfaatkan website sebagai media publikasi untuk berbagai programnya dengan tujuan meningkatkan transparansi dan keterlibatan khalayak.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi langsung dan analisis konten pada website Lazattaqwa.org berdasarkan teori Bauran Public Relations P.E.N.C.I.L.S Publications, Events, News, Community Involvement, Identity Media, Lobbying, Social Responsibility.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa website LAZ ATTAQWA telah mengoptimalkan beberapa elemen dari teori P.E.N.C.I.L.S seperti publikasi yang informatif dan tanggung jawab sosial yang kuat. LAZ ATTAQWA perlu meningkatkan aspek-aspek tertentu pada website sesuai dengan karakteristik dan tujuan website untuk mencapai optimalisasi yang lebih baik sebagai media publikasi.
Downloads
References
Ardan, Farrel. “Pengertian, Jenis-Jenis, Serta Fungsi Media.” Media Indonesia, 2021. https://mediaindonesia.com/humaniora/451206/pengertian-jenis-jenis- serta-fungsi-media.
Dompet Dhuafa. “DDVolunteer.” Accessed June 15, 2024. https://volunteer.dompetdhuafa.org/.
Fitrah, Muh., and Luthfiyah. Metodologi Penelitian : Penelitian Kualitatif. Tindakan Kelas Dan Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak, 2018.
Herdiansyah, Haris. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 2019.
LAZ ATTAQWA. “LAZ ATTAQWA.” lazattaqwa.org, 2024. https://lazattaqwa.org/.———“Tentang Kami.” lazattaqwa.org, 2024. https://lazattaqwa.org/berita-dan-kegiatan
Natoradjo, Sulyus. Event Organizing Dasar-Dasar Event Management. Jakarta: Gramedia, 2011.
Oliver, Andre. “6 Prinsip Penting Untuk Merancang Desain User Interface Yang Baik.” gints.com, 2023. https://glints.com/id/lowongan/prinsip-desain-user-interface
Rais, Heppy El. Kamus Ilmiah Populer. 1st ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Ruslan, Rosyady. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakatra: PT Raja Grafindo Persada, 2008.
Setiawan, Andi. Metode Tepat Singkat Pemrograman HTML: Standarisasi, Konfigurasi Dan Implementasi. Bandung: CV Yarma Widya, 2006.
Undang-Undang RI. “Undang-Undang Nomor 38 Tahun 1999 Tentang Pengelolaan Zakat, Pasal 1 Ayat (1).” Jakarta, 1999.
wearesocial.com. “Laporan Khusus Digital 2024.” We Are Social, 2024. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Anton Nugroho, Ika Barkah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.