Pesan Dakwah Dalam Film Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi (Study Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce)

Authors

  • Riyan Hidayatulloh Institut Attaqwa KH. Noer Alie Bekasi
  • Miftahussa'adah Wardi STAI At-Taqwa Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.71029/bayyin.v3i1.68

Keywords:

Pesan Dakwah, Film, Semiotika, Charles Sanders Pierce, Analisis

Abstract

Pentingnya media online dalam menyebarluaskan informasi dan meningkatkan keterlibatan komunitas. Publikasi atau penyebaran informasi kini dapat dilakukan oleh siapa pun, kapan saja, dan melalui berbagai media, baik cetak maupun elektronik. Teknologi informasi modern, khususnya internet, memungkinkan penyebaran informasi tanpa batas ruang dan waktu, menjadikan website sebagai sarana komunikasi dan penyampaian informasi yang efisien dan efektif. LAZ ATTAQWA, sebagai lembaga pengelola zakat, memanfaatkan website sebagai media publikasi untuk berbagai programnya dengan tujuan meningkatkan transparansi dan keterlibatan khalayak.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi langsung dan analisis konten pada website Lazattaqwa.org berdasarkan teori Bauran Public Relations P.E.N.C.I.L.S Publications, Events, News, Community Involvement, Identity Media, Lobbying, Social Responsibility.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa website LAZ ATTAQWA telah mengoptimalkan beberapa elemen dari teori P.E.N.C.I.L.S seperti publikasi yang informatif dan tanggung jawab sosial yang kuat. LAZ ATTAQWA perlu meningkatkan aspek-aspek tertentu pada website sesuai dengan karakteristik dan tujuan website untuk mencapai optimalisasi yang lebih baik sebagai media publikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah. 2018. Ilmu Dakwah (Kajian Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, dan Aplikasi Dakwah). Depok: Rajagrafindo Persada.

Abdullah. 2018. Ilmu Dakwah (Kajian Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, dan Aplikasi Dakwah). Depok: Rajagrafindo Persada.

Al-Husyaini, Hasan Musawa. 2001. Fadhilah Zikir dan Doa. Pekalongan: Al-Huda.

Annur Rizkia, Septia (20 Mei 2022). Septia Annur Rizkia, ed. "Sinopsis Film Ranah 3 Warna yang Dibintangi Arbani Yasiz dan Amanda Rawles, Perjalanan Alif Mengejar Mimpi". Utara Times.

Annur Rizkia, Septia (20 Mei 2022). Septia Annur Rizkia, ed. "Sinopsis Film Ranah 3 Warna yang Dibintangi Arbani Yasiz dan Amanda Rawles, Perjalanan Alif Mengejar Mimpi". Utara Times.

Arni Muhammad, dalam Yunita Dwi Putri, ―Pesan Dakwah dalam Film Sang Kiai,‖ Skripsi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, IAIN Bengkulu, 2017.

Cangara, Hafied, 2014, Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada. Departemen Agama RI, Op.cit., hlm.383

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Banduditya bakti.

Fahrurrozi, Faizah dan Kadri. 2019. Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Fakhruroji, Moch. 2017. Dakwah di Era Media Baru. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Fikri, Chairul (30 Juli 2020). "Film Ranah 3 Warna Akan Tayang saat Bioskop Dibuka". Beritasatu. https://185.188.249.111/ranah-3-warna-2022/

Irene Radius Saretta, “Intip Profil Teuku Rassya, Aktor dan Penyanyi Ganteng yang Sibuk Geluti Bisnis Barunya”, 2022.

Junita Cahva Utama, “Representasi Pesan Dakwah dalam Film Surga Menanti”, (Skripsi Sarjana, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IIQ Jakarta, 2022).

Manggala, Thomas (4 September 2019). "Setelah 3 Tahun, Novel Ranah 3 Warna Akhirnya Diangkat ke Layar Lebar". Sindonews.com.

McQuail, Dennis. 1987. Teori Komunikasi Massa; Suatu Pengantar, Jakarta: Erlangga

Mickyal (18 November 2021). "Ranah 3 Warna" Debut di Jakarta Film Week 2021". NusaDaily.

Mubasyaroh. “Film Sebagai Media Dakwah (Sebuah Tawaran Alternatif Media Dakwah Kontemporer)”, At-Tabsyir, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. Vol. 2 no. 2.

Muhammad Mufid, dalam Yunita Dwi Putri, ―Pesan Dakwah dalam Film Sang Kiai,‖ Skripsi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, IAIN Bengkulu, 2017.

Muhtad, Asep Saepulah. 2000. Dakwah Kontemporer – Pola Alternatif Dakwah Melalui Televisi. Bandung: Pusdai Press. 2000.

Muhyiddin, Asep, dkk, 2014. Kajian Dakwah Multiperspektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pranata, Feri. 2018. ―Pesan Moral Islami dalam Film Rudy Habibie.‖ UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Priambodo, Adiyoga (3 September 2019). "MNC Pictures Angkat Kisah Ranah 3 Warna ke Layar Lebar". Okezone.com.

Rini Fitria, 2017, Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Dalam Iklan Kampanye Pasangan Calon Gubernur Dan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Tahun 2015, Manhaj, Vol. 1, Nomor 1.

Rini Fitria, Rafinita Aditia. 2019. Prospek Dan Tantangan Dakwah Bil Qalam Sebagai Metode Komunikasi Dakwah. Jurnal Ilmiah Syiar Vol. 19, No. 02.

Riswandi, 2009. Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rosyad, Sholeh. Manajemen Dakwah Islam. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah. 2010.

Saputra, Wahidin. 2011. Pengantar lmu Dakwah. Jakarta: Raja Grafindo.

Siti Khodijah, “Semiotika Pesan Dakwah dalam Film 99 Nama Cinta”, (Skripsi Sarjana, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IIQ Jakarta, 2021).

Sobur, Alex. 2013. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. UU RI No 33 Tahun 2009 tentang Perfilm, BAB I Ayat 1. h. 2.

Vera, Nawiroh. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia. 2015.

Wachid, Abdul. 2005. Wacana Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wibowo, Fred. 2006. Teknik Produksi Program Televisi. Surabaya: Pinus Book Publisher.

Wibowo, Indiwan Seto W. 2011. Semiotika Komunikasi. Bogor: Mitra Wacana Media.

Widjaja, HAW. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2025-06-12

How to Cite

Hidayatulloh, R., & Wardi, M. (2025). Pesan Dakwah Dalam Film Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi (Study Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Bayyin: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1), 26–42. https://doi.org/10.71029/bayyin.v3i1.68

Issue

Section

Articles