Personal Branding Ustadzah Hj. Nurbaiti dalam Mencetak Hafidz dan Hafidzah di Pondok Pesantren Bani Jinan Buni Bakti

Authors

  • Nining Fauziah STAI At-Taqwa Bekasi
  • Miftahussa'adah Wardi STAI At-Taqwa Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.71029/bayyin.v2i2.51

Keywords:

Personal, Branding, Hafidz, Hafidzah, Pondok Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana personal branding Ustadzah Hj. Nurbaiti berkontribusi dalam mencetak Hafidz dan Hafidzah di Pondok Pesantren Bani Jinan Buni Bakti. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis data yang diperoleh melalui wawancara mendalam dengan Ustadzah Hj. Nurbaiti, santri, dan tokoh masyarakat sekitar. Teori personal branding yang dikemukakan oleh Peter Montoya digunakan sebagai kerangka analisis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding Ustadzah Hj. Nurbaiti berperan signifikan dalam menarik minat santri, membangun kepercayaan, dan memotivasi santri untuk mencapai prestasi menghafal Al-Qur'an. Elemen-elemen personal branding yang tampak menonjol antara lain adalah keahlian dalam bidang tahfidz, kepribadian yang inspiratif, serta kemampuan dalam membangun relasi yang kuat dengan santri dan masyarakat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa personal branding merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan mencetak Hafidz dan Hafidzah di lingkungan pondok pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Achmadi dan Cholid Narkubo, Metode Penelitian, (Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2005), hlm. 85.

Ali Anwar, Pembaruan Pendidikan di pesantren Lirboyo Kediri, ( Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011), hal. 22.

Bambang dan Nufian, Strategi Branding (Teori dan Presfektif Komunikasi dalam Bisnis),

Dedy Mulyana, Nuansa Komunikasi (Meneropong Politik dan Budaya Komunikasi Masyarakat Kontemporer), (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 1999) hal. 54

Dewi Haroen, Personal Branding Kunci Kesuksesan Anda Berkiprah di Dunia Politik, (Jakarta: Gramedia, 2014), hlm. 6.

Farco Siswiyanto Raharjo, The Master Book Of Personal Branding (Seni Membangun Merek Diri dengan Teknik Berbicara), (Yogyakarta :Quadrant, 2019), hlm. 2.

Gus Zamzami. Pentingnya Personal Branding Dalam Berdakwah (Dakwah NU), (Jakarta : 2021). hlm, 3.

Haris Herdiansyah, Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, (Jakarta : Salemba Humanika, 2012), hlm. 9

Hilda Rachmawati, Komunikasi Merek di Media Sosial & Penerapannya pada TV berita (Yogyakarta : Depublish, 2021), hlm,8

Imam Suprabowo "Ustadz popular di Indonesia kajian tentang Brand di media social"(Kab. Bogor Staini Press :2020), hlm.1

Jacky Sumawarauw Fince Masambe, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Budaya Organisasi dan Inovasi Pemimpin Terhadap Kinerja Karyawan, EMBA, 3.3, (2015), hlm. 49.

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2013), hlm. 104-105

Lubis Grafura, Strategi Implementasi Pendidikan, (Jakarta : Prestasi Pustakaraya. 2014) hml. 63

Lupitasai Chintami. "Formulasi Personal Branding Prabowo Subianto". Tesis Jurusan Magister Manajemen Universitas Atma Jaya Yogyakarta. 2014 Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung : Pustaka Setia : 2011) hal.189

M. Munir, Metode Dakwah, (Jakarta : Prenada Media, 2003), hlm.

Mohammad Kosim, Pendidikan Guru Agama di Indonesia: Pergumpulan dan Problem Kebijakan 1948-2011, (Yogyakarta: Pustaka Nusantara, 2012), hlm. 13

Muhammad Abu AlFath Al Bayanuniy, Pengantar Studi Ilmu Dakwah, Terj. Masturi Ilham & Malik Supar, (Jakarta : Pustaka Al Kautsar, 2021), hlm. 253-255.

Muhamad Fadhol Tamimy, Sharing-mu Personal Branding-mu, (Jakarta: Visimedia, 2017), hlm. 2

Muhammad Fitrah dan Luthfiyah, Metodologi Penelitian (Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus), (Sukabumi : CV Jejak, 2017), hlm. 30.

Novia Handayani dengan judul "Analisis Personal Branding Anies Baswedan melalui Media Sosial Instagram pada akun @ANIESBASWEDAN"Diploma Thesis, Universitas Nasional

Peter Montoya, The Personal Branding Phenomenomon : Realize Greater Influence, Explosive Income and Rapid Career Advancement By appliying the Branding Techniques of Michael, Martha & Oprah, (USA : Peter Montoya Incorporated, 2010), hlm. 25-26.

Peter Montoya with Tim Vandehey. The Brand Called You: Create a personal Brand That's Wins Attention and Grows Your Bussiness (McGraw-Hills eBook, 2009), hlm. 4-5

Rusmini, Gaya Kepemimpinan Kiai Lukman Al Karim Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang), Studi Keislaman, vol 15.2 (2011), hlm. 51.

Samsul Munir Amin, Rekontruksi Pemikiran Dakwah Islam, (Jakarta: Hamzah 2009),hlm. 3 & 7

Sedarmayanti, Manajemen Strategi (Bandung : PT Refika Aditama, 2014) hlm. Saputra, Pengantar Ilmu Dakwah, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011),hlm. 1.

Setiadi, N.J. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. (Jakarta : Kencana, 2003).

Sofjan Assauri, Manajemen Pemasaran: Dasar Konsep dan Strategi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2017), hlm. 169

Stephen W Littlejhon & Karen A Fross. “Teori Komunikasi : Theory of Human comunication”. (jakarta : Salemba, 2009)

Stevani dan Widayatmoko, Kepribadian Dan Komunikasi Susi Pudjiastuti Dalam Membentuk Personal Branding, Jurnal Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara,Vol. 9, No. 1, Juli 2017, hlm. 65-73.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta : Rineka Citra. 2010), hlm. 231

Sulthon Masyud, Manajemen Pondok Pesantren, Dipa Pustaka (Jakarta : 2010, hlm.1.)

Syaikh Muhammad Abu Al Fattah Al Bayanuniy, Ilmu Dakwah (Prinsip dan Kode Etik Berdakwah Menurut Al-Qur’an dan As Sunnah, (Jakarta : Akademika Pressindo, 2010) hal. 4

Syamsuddin, Sejarah Dakwah, (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016), hlm.3

Tiara Hana Kamila . Personal Branding Kh. Moh. Amin Noer dalam Mensyiarkan Islam di Yayasan Attaqwa Kec.Babelan Kab. Bekasi. Skripsi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Attaqwa Bekasi, 2022

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren : Studi Pandangan Hidup Kiai dan Visinya mengenai Masa Depan Indonesia, (Jakarta : LP3ES, 2015).

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Fauziah, N., & Wardi, M. (2024). Personal Branding Ustadzah Hj. Nurbaiti dalam Mencetak Hafidz dan Hafidzah di Pondok Pesantren Bani Jinan Buni Bakti. Bayyin: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(2), 19–31. https://doi.org/10.71029/bayyin.v2i2.51

Issue

Section

Articles