Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Keywords:
Model Pembelajaran, Kooperatif, Jigsaw, Matematika, Bangun DatarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi bangun ruang sisi datar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw di SMP Negeri 6 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Classroom Action Research yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : Perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi dan refleksi. Sampel yang digunakan adalah 41 orang siswa kelas VIII . Teknik pengumpulan data dapat berupa data tes dan non tes. Data non tes seperti: observasi terhadap peneliti, observasi terhadap aktivitas peserta didik, wawancara dan angket dilakukan pada tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika yang signifikan pada peserta didik kelas VIII. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata pada siklus I sebesar 61,5 siklus 2 sebesar 65,5 dan siklus 3 sebesar 74,5. Siswa terlihat aktif dalam proses pembelajaran, berfikir dan bekerja atas inisiatif sendiri dan tumbuh kemandirian, keberanian, dan rasa percaya diri dalam mengerjakan soal. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wawan Tarwana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
