IMPLEMENTASI GARUDA CBT DALAM ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG DI SMP AR-RAHMAH JONGGOL
Keywords:
Garuda CBT, Asesmen Sumatif , SMP Ar-Rahmah Jonggol, Penilaian DigitalAbstract
Penilaian hasil belajar di akhir jenjang pendidikan merupakan bagian penting dalam evaluasi pembelajaran. SMP Ar-Rahmah Jonggol mengimplementasikan sistem Garuda CBT (Computer-Based Test) dalam pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ). Tujuan jurnal ini adalah mendeskripsikan proses, manfaat, dan tantangan penggunaan Garuda CBT dalam ASAJ. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Garuda CBT memberikan efisiensi dalam distribusi soal, koreksi otomatis, dan pengelolaan data hasil ujian. Meski demikian, pelaksanaan sistem ini masih menghadapi tantangan pada aspek kesiapan infrastruktur dan keterampilan teknis. Oleh karena itu, pelatihan dan peningkatan sarana teknologi menjadi faktor penting untuk keberlanjutan implementasi Garuda CBT secara optimal.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ziyad Muhammad Sulthon El Barqy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.