Model Pengembangan Kurikulum Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas

Penulis

  • Sesilya Karisma Dewi Ayu Hermawan Universitas Sebelas Maret
  • Valentiara Tryasmaya Leni Anggraheni Universitas Sebelas Maret
  • Suparmi Universitas Sebelas Maret https://orcid.org/0009-0002-2779-9548

Kata Kunci:

Model Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Pengembangan kurikulum, Sekolah Menengah Atas

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kurikulum, tantangan dan solusi implementasi model kurikulum di Sekolah Menengah Atas, serta model pengembangan kurikulum pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode Literature Riview. Dengan tahapan mengidentifikasi, mengkaji, dan menganalisis serta menyajikan data penelitian. Artikel Literature review menggunakan terbitan tahun 2020 -2024 yang dapat diakses melalui Publish or Perish kemudian dilakukan peninjauan literatur untuk menemukan penelitian yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan kurikulum dipengaruhi oleh faktor politik, sosial, budaya, ekonomi, ilmupengetahuan, dan teknologi. Dasar model pengembangan kurikulum menurut Tyler yaitu: Objectives, Selecting Learning Experiences, Organizing Learning Experiences, dan Evaluation. Pada implementasi kurikulum terdapat tantangan baik secara internal maupun eksternal. Maka pada pengimplementasiannya harus mencakup visi dan misi yang jelas disertakan penjabaran kompetensi standar untuk mengakomodasi kebutuhan di masa depan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-06-03

Cara Mengutip

Sesilya Karisma Dewi Ayu Hermawan, Valentiara Tryasmaya Leni Anggraheni, & Suparmi. (2025). Model Pengembangan Kurikulum Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 35–48. Diambil dari https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Robbayana/article/view/59

Terbitan

Bagian

Articles