Pengembangan Media Menggunakan Mind Mapping Materi Rukhsah Dalam Beribadah Kelas 7 Di Smpn 14 Palangka Raya

Penulis

  • Ridho Ansyari Musni IAIN Palangkaraya
  • Jasiah IAIN Palangkaraya

Kata Kunci:

Pengembangan, Media, Mind Maping, Rukhsah

Abstrak

Di era perkembangan digital yang pesat sekarang semua orang pasti memiliki ketergantugan kepada teknologi sebagai alat bantu untuk memenuhi aspek-aspek dalam kehidupan. Begitu pula dalam proses belajar mengajar harus membuat inovasi guna memberikan pemahaman secara merata terhadap pemahamn peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran yang mudah untuk peserta didik memahami materi yang sukar dipahami menggunakan penjelasan verbal, oleh karena itu penelitian ini menggunakan Research And Development (R&D). Dengan model pengembangan Morrison, Ross, and Kamp (MRK) dengan 9 tahapan yaitu : 1)Masalah pembelajaran2)Karakteristik siswa 3) Analisis tugas 4)Tujuan pembelajaran 5)Tujuan materi 6)Strategi pembelajaran 7)Strategi pembelajaran 8)Instrumen penilaian 9)sumber pengajaran. Analisis data dengan menggunakan angket dan wawancara kepada pendidik dan peserta didik. Hasil validasi ahli media pada mind mapping memperoleh nilai 75% dengan kriteria layak, hasil validasi ahli materi memperoleh nilai 75% dengan kriteria layak, hasil validasi pendidik memperoleh nilai 87% dengan kriteria sangat layak, dan hasil dari respon siswa memperoleh nilai 83% dengan kriteria layak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa media pembelajaran menggunakan mind mapping layak digunakan pada mata pelajaran pendidikan agama islam  dikelas VII pada materi rukshsah dalam beribadah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-06-03

Cara Mengutip

Musni, R. A., & Jasiah. (2025). Pengembangan Media Menggunakan Mind Mapping Materi Rukhsah Dalam Beribadah Kelas 7 Di Smpn 14 Palangka Raya. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 49–62. Diambil dari https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Robbayana/article/view/63

Terbitan

Bagian

Articles