Strategi Komunikasi Ibu dalam Perlindungan Anak: Studi Kasus Penerapan Teori Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga
DOI:
https://doi.org/10.71029/bayyin.v3i1.66Keywords:
Kaum Ibu, Perlindungan Anak, KeluargaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemberdayaan keluarga untuk memberikan perlindungan kepada anak. Perlindungan yang dimaksud adalah perlindungan untuk memperkuat karakter anak dan generasi yang akan datang terhadap gempuran fakta-fakta yang tindak kriminal maupun kesehatan mental anak. Anak hidup di tengah keluarga. Keluarga adalah kelompok terkecil dari masyarakat yang memiliki peranan awal di masa pertumbuhan anak sebagai suatu benteng yang akan melindungi anak dari gempuran hal-hal negatif di luar sana. Diperlukan keluarga yang kompak, bersinergi dan konsisten dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga anak akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat baik fisik, mental dan spiritualnya. Ibu menjadi salah satu pemegang peranan penting dalam melakukan perlindungan anak berbasis keluarga, sebab ibu adalah madrasah pertama bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Responden pada penelitian ini adalah kaum ibu yang ada di lingkungan Majelis Taklim Musholla Nurul Khoir Kecamatan Sukamekar Kelurahan Sukawangi Babelan Bekasi. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan interview guide sebagai panduan dalam percakapan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, dengan langkah-langkah berupa wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ibu-ibu yang ada di lingkungan Majelis Taklim Musholla Nurul Khoir Kecamatan Sukamekar Kelurahan Sukawangi Babelan Bekasi perlahan-lahan sudah melakukan proses perlindungan anak berbasis keluarga dengan menerapkan sisi hak anak yang harus dipenuhi, seperti bertahan hidup, tumbuh kembang, perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi serta berpartisipasi dengan baik di lingkungannya. Disamping itu, kaum ibu juga bekerjasama dengan suami untuk saling melengkapi dalam membantu mendidik dan membersamai perkembangan dan pertumbuhan anak-anak mereka.
Downloads
References
Afandi, Agus. 2015. Modul Participatory Action Research (PAR) untuk Pengorganisasian Masyarakat (Community Organizing), Surabaya: Dwiputra Pustaka Jaya.
Amin, R. 2021. Hukum Perlindungan Anak Dan Perempuan Di Indonesia. Cetakan ke 1, Hal 1
Darsana, I. N. 2016. Panduan Seminar. Bahan Ajar. Universitas Udayana : Program Studi Sastra Bali Fakultas Ilmu Budaya
Eshleman, J. R. 2003. The Family. USA : Pearson Education, Inc
Fathiyaturrohmah. 2014. Ayat-Ayat Tentang Peranan Ibu Dalam Pendidikan Anak. Elementary Vol 2 No. 1
Gultom, M. 2010. Perlindungan Hukum Terhadap Anak. Bandung : Retrika Adhitama. Cetak ke 2, Hal 33
Hurlock, E. B. 2003. Psikologi Perkembangan-Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga
Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 2008. Pedoman Pelaksanaan Perlindungan Anak : Jakarta
Khaeruddin. 2002. Sosiologi Keluarga. Yogyakarta : Liberty
Komisi Nasional Perlindungan Anak. 2011. Laporan Akhir Tahun 2011 Komnas Perlindungan Anak (situs web : www.komnaspa.or.id), diakses 15 Juli 2024
Macionis, J. J. 2008. Sociology. New Jersey : Pearson Education, Inc
Newman, D. M and Graueholz, L. 2002. Sociology Of Family. New york : Sage Publication, Inc
Rakhmat, J. 2016. Ibu Madrasah Umat. Jakarta : Kalam Mulia
Saliyo. 2019. “Penanaman Nilai-Nilai Tasamuh untuk Menangkal Paham Radikalisme di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Perspektif Psikologi Pendidikan Islam” Thufula: Institut Agama Islam Negeri Kudus.
Santrock, J. W. 2003. Adolescence, Times Mirror Higher Education. The University of Texas, Dallas.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PENERBIT ALFABETA
Thompson, H. 2012. Cash And Child Protection. Londong : Save The Children
Unikom. Pengertian Seminar Dan Sosialisasi,https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/679/jbptunikompp-gdl-noviannama-33932-9-babii.pdf, diakses pada 19 Agustus 2024
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Galuhpritta Anisaningtyas, Nur Kholisha, Nur Alvian, Ayu Rosadah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.