Kesadaran Remaja Terhadap Pentingnya Pendidikan Di Lingkungan Desa Buni Bakti Kec. Babelan Kab. Bekasi

Authors

  • Galuhpritta Anisaningtyas STAI At-Taqwa Bekasi
  • A. Farhan Maulana STAI At-Taqwa Bekasi
  • Aldi Renaldi STAI At-Taqwa Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.71029/bayyin.v2i1.33

Keywords:

Kesadaran Diri, Pendidikan, Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesadaran remaja terhadap pentingnya pendidikan di lingkungan Desa Buni Bakti Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Kesadaran diperlukan remaja dalam menjalankan proses pendidikan, karena nantinya pendidikan akan membawa remaja kepada cita-cita yang diimpikan. Kesadaran diri dalam pendidikan juga sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Tidak hanya sistem, kurikulum maupun guru, namun kesadaran terhadap pendidikan dari siswa itu sendiri menjadi bagian penting untuk dicapai. Responden dalam penelitian ini adalah remaja berjenis kelamin laki-laki atau perempuan, berusia 15-18 tahun, duduk di bangku SMA/SMK. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan interview guide sebagai panduan dalam percakapan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, dengan langkah-langkah berupa wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitiaan, disimpulkan bahwa secara umum gambaran kesadaran diri remaja terhadap pentingnya pendidikan di lingkungan Desa Buni Bakti tidak terlalu tinggi. Remaja di Desa Buni Bakti tidak terlalu serius ketika melaksanakan proses belajar mengajar. Remaja lebih senang bertemu dengan teman-temannya, melaksanakan ekstrakurikuler dan hanya ingin mendapatkan ijazah sebagai media untuk mencari pekerjaan yang layak guna membantu perekonomian keluarga. Faktor lain yang berpengaruh terhadap kesadaran diri remaja adalah pergaulan, sarana dan prasarana sekolah serta pengaruh lingkungan mempengaruhi pola pikir dan tujuan remaja dalam menuntut ilmu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahar, R. W. 1996. Teori-Teori Belajar. Bandung : Erlangga

Flurentin, E. 2001. Konseling Lintas Budaya. Malang : FIP UM

Flurentin, E….Latihan Kesadaran Diri (Self Awareness) Dan Kaitannya dengan Penumbuhan Karakter. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang

Goleman, D. 2001. Working With Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta : PT. Gramedia

Hurlock, E. B. 2003. Psikologi Perkembangan-Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga

Pribadi, A. B. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PT. Dian Rakyat

Rustaman. N. 2001. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung : PT. Imperial Bhakti Utama

Siregar, E dan Nara, H. 2011. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia

Solso dkk. 2008. Psikologi Kognitif. Jakarta : Penerbit Erlangga

Steven, S. J And Howard, E. B. 2003. Ledakan EQ, 15 prinsip dasar kecerdasan emosional dalam meraih sukses (terjemah). Bandung : Kaifa, cetakan ke IV

Santrock, J. W. 2003. Adolescence, Times Mirror Higher Education. The University of Texas, Dallas.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PENERBIT ALFABETA

Yusuf, S. 2010. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung : PT. Remaj Rosdakarya

Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo

Published

2024-06-10

How to Cite

Anisaningtyas, G., Maulana, A. F., & Renaldi, A. (2024). Kesadaran Remaja Terhadap Pentingnya Pendidikan Di Lingkungan Desa Buni Bakti Kec. Babelan Kab. Bekasi. Bayyin: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.71029/bayyin.v2i1.33

Issue

Section

Articles