Kesadaran Remaja Terhadap Pentingnya Pendidikan Di Lingkungan Desa Buni Bakti Kec. Babelan Kab. Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.71029/bayyin.v2i1.33Keywords:
Kesadaran Diri, Pendidikan, RemajaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesadaran remaja terhadap pentingnya pendidikan di lingkungan Desa Buni Bakti Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Kesadaran diperlukan remaja dalam menjalankan proses pendidikan, karena nantinya pendidikan akan membawa remaja kepada cita-cita yang diimpikan. Kesadaran diri dalam pendidikan juga sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Tidak hanya sistem, kurikulum maupun guru, namun kesadaran terhadap pendidikan dari siswa itu sendiri menjadi bagian penting untuk dicapai. Responden dalam penelitian ini adalah remaja berjenis kelamin laki-laki atau perempuan, berusia 15-18 tahun, duduk di bangku SMA/SMK. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan interview guide sebagai panduan dalam percakapan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, dengan langkah-langkah berupa wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitiaan, disimpulkan bahwa secara umum gambaran kesadaran diri remaja terhadap pentingnya pendidikan di lingkungan Desa Buni Bakti tidak terlalu tinggi. Remaja di Desa Buni Bakti tidak terlalu serius ketika melaksanakan proses belajar mengajar. Remaja lebih senang bertemu dengan teman-temannya, melaksanakan ekstrakurikuler dan hanya ingin mendapatkan ijazah sebagai media untuk mencari pekerjaan yang layak guna membantu perekonomian keluarga. Faktor lain yang berpengaruh terhadap kesadaran diri remaja adalah pergaulan, sarana dan prasarana sekolah serta pengaruh lingkungan mempengaruhi pola pikir dan tujuan remaja dalam menuntut ilmu.
Downloads
References
Dahar, R. W. 1996. Teori-Teori Belajar. Bandung : Erlangga
Flurentin, E. 2001. Konseling Lintas Budaya. Malang : FIP UM
Flurentin, E….Latihan Kesadaran Diri (Self Awareness) Dan Kaitannya dengan Penumbuhan Karakter. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang
Goleman, D. 2001. Working With Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta : PT. Gramedia
Hurlock, E. B. 2003. Psikologi Perkembangan-Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga
Pribadi, A. B. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PT. Dian Rakyat
Rustaman. N. 2001. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung : PT. Imperial Bhakti Utama
Siregar, E dan Nara, H. 2011. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia
Solso dkk. 2008. Psikologi Kognitif. Jakarta : Penerbit Erlangga
Steven, S. J And Howard, E. B. 2003. Ledakan EQ, 15 prinsip dasar kecerdasan emosional dalam meraih sukses (terjemah). Bandung : Kaifa, cetakan ke IV
Santrock, J. W. 2003. Adolescence, Times Mirror Higher Education. The University of Texas, Dallas.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PENERBIT ALFABETA
Yusuf, S. 2010. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung : PT. Remaj Rosdakarya
Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Galuhpritta Anisaningtyas, A. Farhan Maulana, Aldi Renaldi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.