Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama - Cerdas Bermedia Sosial Dan Kaitannya dengan Kesehatan Mental” di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Desa Sukaringin Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.71029/bayyin.v1i2.27Keywords:
Media Sosial, Remaja, Kesehatan MentalAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya intensitas remaja dalam mengakses media sosial. Kemunculan media sosial seperti Whatsapp, YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, Telegram, dan lainnya memberikan berbagai fasilitas kemudahan kepada penggunanya, misalnya dalam berkomunikasi, menyebarkan dan mendapatkan akses informasi.
Maka dalam penelitian ini kami memberikan sosialisasi penguatan moderasi beragama-cerdas bermedsos di era disrupsi dengan tema “cerdas bermedia sosial dan kaitannya dengan kesehatan mental” kepada siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Desa Sukaringin Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi Jawa Barat.
Metode yang digunakan adalah metode yang digunakan adalah PAR (Participatory Action Research). Metode ini melibatkan pelaksanaan penelitian dalam untuk mendefinisikan sebuah masalah maupun menerapkan informasi ke dalam aksi sebagai solusi atas masalah yang telah teridentifikasi. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, serta kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas remaja dalam mengakses media sosial tergolong tinggi, dapat dilihat dari frekuensi, durasi, minat, dan motivasi remaja dalam mengakses media sosial.
Hasil dari sosialisasi yang dilakukan adalah adanya penambahan ilmu pengetahuan (knowledge) pada peserta didik terkait dari materi sosialisasi yang disampaikan.
Downloads
References
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.2014. Panduan Optimalisasi Media Sosial. Jakarta : Humas Kementerian Perdagangan.
Riyanto, Andi Dwi. 2023. Indonesian Digital Report 2023. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/.
Rifauddin, M. 2016 Fenomena cyberbullying pada remaja. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah.
Haryani, M. R., Mudjiran, & Y. Syukur. Dampak pornografi terhadap perilaku siswa dan upaya guru pembimbing untuk mengatasinya, 2012, Konselor, hal 1-8.
Elvinaro, Ardianto. 2004. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Rahmani, Thea. 2016. Penggunaan Media Sosial Sebagai Penguasaan Dasar-Dasar Fotografi Ponsel.Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Haenlein, Michael. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons.
Afandi, Agus. 2015. Modul Participatory Action Research (PAR) untuk Pengorganisasian Masyarakat (Community Organizing), Surabaya: Dwiputra Pustaka Jaya.
Saliyo, “Penanaman Nilai-Nilai Tasamuh untuk Menangkal Paham Radikalisme di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Perspektif Psikologi Pendidikan Islam” Thufula: Institut Agama Islam Negeri Kudus.
KBBI.https://kbbi.web.id/sosialisasi, diakses pada 19 Agustus 2023.
Sutaryo.2004. Dasar-Dasar Sosialisasi. Jakarta: Rajawali Press.
Wikipedia. Pengertian Sosialisasi, https://id.wikipedia.org/wiki/Sosialisasi
IAIN Tulungagung. Landasan Teori “Sosialsasi”, http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7442/5/BAB%20II.pdf , diakses pada 19 Agustus 2023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Galuhpritta Anisaningtyas, Gita Wardani, Ummi Aviyatin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.