Framing Berita Politik Anies Rasyid Baswedan di Republika Online: Periode September 2024 – April 2025
DOI:
https://doi.org/10.71029/bayyin.v3i1.96Kata Kunci:
Framing, Berita, Politik, Anies Baswedan, Republika OnlineAbstrak
Penelitian ini berkaitan tentang Berita Politik Anies Baswedan di republika online direntang waktu September 2024 dan April 2025 pasca keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Tulisan ini menganalisa lebih jauh bagaimana Analisis Framing kegiatan politik Anies Baswedan terutama dalam permberitaan di media republika online. Analisis framing yang digunakan akan menggunakan konsep Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki yaitu bagaimana wartawan Menyusun kata (sintaksis), mengisahkan fakta (Skrip), menuliskan fakta (tematik), dan menekankan fakta (retoris). Tulisan ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi kalangan aktivis politik dan pelaku media dalam membuat pemberitaan terhadap calon presiden, memberi pengayaan bagi dunia akademik khususnya disiplin ilmu komunikasi politik, sehingga menambah informasi dan pendalaman di dunia strategi dan kampanye politik.
Unduhan
Referensi
Eriyanto. (2002). Analisis framing: Konstruksi, ideologi, dan politik media. LKiS.
Eriyanto (2001), Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. LKis.
Lestari, Puji & Sugiono (2021), Metode Penelitian Komunikasi, (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). ALFABETA
Rakhmat, J. (2000). Retorika modern: pendekatan praktis. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
McQuail, D. (1985). Sociology of mass communication. Annual Review of Sociology.
Morissan (2013) Teori Komunikasi Individu Hingga Massa, Penerbit Kencana
Pan, Z., & Kosicki, G. M. (1993). Framing analysis: An approach to news discourse. Political
Communication,
Purnama, K & Hikmat, K (2009), Jurnalistik : Teori dan Praktik, Penerbit PT Remaja
Rosdakarya Bandung.
Reese, S. D. (1991). Setting the media’s agenda: A power balance perspective. Annals of the International Communication Association, 14
Romli, A. S. M. (2018). Jurnalistik online: Panduan mengelola media online. Nuansa Cendekia.
Shoemaker, P. J. (1996). Reese Mediating the Message: Theories of Influences on Mass Media Content. USA, Longman Publ.
Shoemaker, P. J., & Reese, S. D. (1996). Mediating the message. White Plains, NY: Longman.
Sobur, A. (2012). Analisis Teks Media, Cet 6. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumadiria, Haris (2016), Jurnalsitik Indonesia: Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktisi Jurnalis Profesional, Simbiosa Rekatama Media, PT. Remaja Rosdakarya Offset - Bandung.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rahmat Banu Widodo, Maghfur Ghazali, Ahmad Murjoko

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
