Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Berdasarkan Metode Tanya Jawab Di MIT Attaqwa 01 Bekasi

Authors

  • Hunaidah Mista STAI Attaqwa Bekasi
  • Nadia Syachira Institut Attaqwa KH. Noer Alie Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i2.52

Keywords:

Learning, Outcomes, Question And Answer Method, Akidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran tanya jawab dalam meningkatkan hasil belajar akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Attaqwa 01 pusat Ujung harapan Bahagia, Babelan Bekasi.Pembelajaran akidah akhlak saat ini dirasakan oleh siswa sebagai mata pelajaran yang membosankan, sehingga dibutuhkan adanya suatu metode  yang dapat menstimulus siswa untuk dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran.Akidah akhlak merupakan salah satu  pembelajaran wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa di MIT Attaqwa, yang bertujuan untuk menempatkan posisi manusia yang kaffah yang terakumulasi dalam peningkatan aspek spiritual-emosional (keimanan), intelektual (aqliyah) dan aspek jismiyah (keterampilan fisik). Ketercapaian pembelajaran salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan suatu metode yang dapat mendukung dan sesuai dengan karakteristik siswa itu sendiri.

Penelitian ini dilaksanakan di MIT Attaqwa 01 Pusat Ujungharapan Kel. Bahagia, Kec. Babelan, Kab. Bekasi Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dilakukan melalui test penelitian tindakan kelas (PTK) dan observasi. Populasi sebesar 100 siswa dengan sampel yang diambil Margin Error (5%), maka di dapat sampel sebesar 80 siswa di bagi menjadi kelas experimen dan kelas kontrol masing-masing 40 siswa. Validitas reliabilitas data di uji melalui uji t test dan dianalisis uji korelasi Product Moment (rxy), dan uji t (taraf signifikan) dan gain score.  

Berdasarkan gain score hasil pre-test dan pos-test kelas experiment dan kelas kontrol, mempunyai perbandingan 6. Dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan variabel  X dan variabel Y maka perlu diuji dengan melihat posisi nilai “t” yaitu  nilai thitung sebesar 0,94 dan nilai ttabel sebesar 1,990 dengan Df (degree of freedom) sebesar 38. Dengan demikian hipotesis Nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Serta berdasarkan besarnya rxy product moment (0,84) yang terletak di antara 0,70 – 0,90 korelasi antara variabel X dan Y sangat tinggi. dan uji KD didapatkan hasil sebesar 70,56 % artinya kontibusi variabel X dan Y sebesar 70,56 %, sedangkan 29,44 %  dipengaruhi oleh faktor lain. 

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel X (Metode Tanya Jawab) terhadap variabel Y (hasil belajar Akidah Akhlak).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Mista, H., & Syachira, N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Berdasarkan Metode Tanya Jawab Di MIT Attaqwa 01 Bekasi. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 33–47. https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i2.52

Issue

Section

Articles