Kewajiban Belajar Mengajar dalam Perspektif Al-Qur'an dan Relevansinya bagi Pendidikan Islam Kontemporer

Authors

  • Tuty Alawiyah STAI At-Taqwa Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i2.54

Keywords:

Kewajiban, Belajar, Mengajar, Al-Qur'an, Pendidikan, Islam, Tafsir, Kontempore

Abstract

Penelitian ini membahas konsep kewajiban belajar mengajar dalam perspektif Al-Qur'an dan relevansinya bagi pendidikan Islam kontemporer. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan tafsir tematik (maudhu'i), penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan kewajiban belajar dan mengajar sebagai bagian integral dari pembentukan karakter Islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Qur'an memandang proses pendidikan sebagai ibadah yang melibatkan tanggung jawab moral dan spiritual, serta menekankan pentingnya etika antara guru dan murid, penghargaan terhadap ilmu, dan motivasi belajar yang berlandaskan keimanan. Temuan ini memiliki relevansi yang besar dalam menjawab tantangan pendidikan Islam saat ini, yang sering kali berfokus pada aspek teknis dan akademik tanpa memperhatikan pembentukan karakter. Penelitian ini merekomendasikan agar pendidikan Islam kontemporer mengintegrasikan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kurikulum dan pendekatan pembelajaran untuk menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki integritas dan akhlak mulia. Implikasi dari penelitian ini memberikan arah bagi pengembangan sistem pendidikan Islam yang seimbang antara kecakapan intelektual dan moral, sesuai dengan tujuan pendidikan dalam Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Alawiyah, T. (2024). Kewajiban Belajar Mengajar dalam Perspektif Al-Qur’an dan Relevansinya bagi Pendidikan Islam Kontemporer. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i2.54

Issue

Section

Articles