Strategi Komunikasi Dalam Pencegahan HIV Di Kota Serang Perspektif Religion And Prevention
DOI:
https://doi.org/10.71029/bayyin.v2i2.46Keywords:
Strategi Komunikasi, HIV, Religion, Preventif, PerspektifAbstract
Human Immunodeficiency Virus adalah virus yang menyerang sel darah putih di dalam tubuh atau limfosit yang menyerang kekebalan tubuh manusia. Globalisasi yang mendunia menjadi pintu gerbang masuknya pertukaran penyakit. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Institute for Infection and Immunity di St. George Hospital Medical School, London, sudah ditemukan obat yang dapat mengurangi tingkat HIV, tetapi belum dapat membunuh virus HIV sepenuhnya . Berdasarkan dari laporan dari tahun ke tahun. kasus HIV masih menjadi musuh besar yang menakutkan di Indonesia. Di Provinsi Banten, terdapat 3.526 kasus HIV. Maka pemerintah kots Serang melalui KPA untuk mengkampanyekan tentang HIV/AIDS sebagai pencegahan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi pencegahan religion and prevention in Thailand oleh Patchanee Malikhao yang menguraikan 2 konsep: menjelaskan dalam perspektif global atau dengan perspektif lokal. Dalam hal ini, strategi yang digunakan KPA Provinsi Banten adalah dengan mengadakan pelatihan untuk melatih warga dengan menerapkan materi komunikasi persuasif untuk perubahan perilaku pada program Warga Peduli AIDS. KPA Kota Serang melaksanakan program yang telah direncanakan sebelumnya. Untuk berjalannya sebuah pelaksanaan yang sesuai dengan yang diharapkan. Terkhusus dalam upaya kampanye pencegahan dengan mensosialisasikan ke seluruh wilayah pedesaan yang masih minimnya pengetahuan tentang bahaya AIDS.
Downloads
References
Anthony, Giddens. The Consequences of Modernity. Farbe und Lack. Vol.103. California: Stanford University Press, 1990.
Asmara, Damar Aryateja. Peranan Notariat Sebagai Pejabat Lelang dalamUpaya Sosialisasi Lelang di Indonesia. Semarang: Naskah Publikasi Universitas Diponegoro. 2006.
Ayah, M., A. Singhal Dan WH Ayah. 2006. Pengorganisasian untuk Sosial Mengubah. A Dialektika Perjalanan dari Teori Dan Praksis .
Bakit, Andi Faisal, dan Meidasari Venny Eka. “Trendsetter Komunikasi di Era Digital: Tantangan dan Peluang Pendidikan Komunikasi dan Penyiaran Islam.” Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya 04, no. 1(2014): 20–44.
Bakti, Andi Faisal, dan Isabelle Lecomte. “The Integration of Dakwah in Journalism: Peace Journalism.” Jurnal Komunikasi Islam 05, no. 01 (2015): 191.
Bakti, Andi Faisal. Communication and Family Planning In Islam In Indonesia: South Sulawesi Muslim Perceptions of a Global Development Program. Leiden: INIS, 2004.
Branston, Gill, dan Stafford Roy. The Media Student’s Book (Reader CMSA). The Media Student’s Book.
ed. London: Routledge, 2003.
Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Dilla, Sumadi. 2007. Komunikasi Pembangunan Pendekatan Terpadu. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2009
Dewi, Oki Setiana. Pengajian Selebritas Hijrah Kelas Menengah Muslim (2000-2019): Respons Atas Dakwah Salafi Dan Jamaah Tabligh. Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2020.
Effendy, Onong Uchjana. Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti. 2003.
Fakhruroji, Moch. “PRIVATISASI AGAMA : Globalisasi dan Komodifikasi Agama.” Jurnal Komunikata (2012): 193–211.
Gill Branston dan Roy Stafford, The Media Student’s Book, (Edisi Kelima, 2010),
Hjarvard, Stig. “The Mediatization of Society.” Nordicom Review 29, no. 2 (2008): 102–131.
Iswanto, Agus. “Membaca Kecenderungan Pemikiran Islam Generasi Milenial Indonesia.” Harmoni 17, no. 1 (2018): 172–
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2016. Principles of Marketing (Global Edition). Edisi 16. England: Pearson.
Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2006.
Liliweri, Komunikasi Antar Pribadi, (Bandung; Citra Aditya Bakti, 2015)
Morissan, Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu, (Jakarta: Kencana, 2010),
Narwoko, J. Dwi & Bagong Suyanto. 2006. Sosiologi : Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana.
Nurudin, Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers. Pusat Bahasa, Tim Penyusun Kamus. 2007. “Kamus Besar Bahasa Indonesia”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2009
Rendra Widyatama, Pengantar Periklanan, (Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2009),
Rudy, T. May. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Internasional. Bandung: PT. Refika Aditama. 2005
Ruslan, Rosady. Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2003.
Serves, Jan, communication For Developmen And Socila Change, Unicef Experience, (India: 2008)
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta. 2009
Skeie, Silje Sjøvaag . 'Narasi untuk kedamaian—menggunakan hiburan- pendidikan di dalam itu promosi dari A budaya dari perdamaian', 2005.
Pano, London. Tersedia on line pada www.panos.org.
———. 2005. Pelaporan AIDS. Sebuah analisis dari media lingkungan di dalam Selatan Afrika . London
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aryani Muhsan; Tantan Hermansah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.