Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Setingkat Menengah Atas

Authors

  • Erni Wijayanti Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit D. Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i2.56

Keywords:

Hasil Belajar, Disiplin, Pendidikan, Agama, Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa tingkat menengah atas. Disiplin belajar, yang mencakup keteraturan, manajemen waktu, dan motivasi, diharapkan dapat meningkatkan pencapaian akademik siswa. Disiplin belajar merupakan salah satu faktor pembelajaran yang aktif. Studi ini menerapkan metode kajian literatur melalui analisis terhadap berbagai sumber ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara disiplin belajar dan hasil belajar pendidikan agama Islam. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan disiplin belajar berkontribusi pada peningkatan hasil belajar siswa dalam pendidikan agama Islam. Rekomendasi diberikan untuk guru dan orang tua dalam upaya mendukung disiplin belajar siswa agar dapat mencapai prestasi akademik yang lebih baik dalam bidang pendidikan agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Wijayanti, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Setingkat Menengah Atas. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 73–84. https://doi.org/10.71029/robbayana.v2i2.56

Issue

Section

Articles