Psikologi Kecemasan: Menstimulasi Dzikir Sebagai Relaksasi bagi Siswa dalam Menghadapi Ujian Syafahi di Pondok Pesantren At-Taqwa Putri
DOI:
https://doi.org/10.71029/bayyin.v1i1.10Keywords:
Kecemasan, Ujian Syafahi, Pondok PesantrenAbstract
Kecemasan merupakan kondisi psikologis yang dapat terjadi pada siapa saja termasuk pada siswa ketika menghadapi ujian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecemasan siswa kelas 1 madrasah tsanawiyah dalam menghadapi ujian syafahi di pondok pesantren Attaqwa Putri, dengan melihat/berfokus bagaimana siswa ketika menghadapi ujian syafahi. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 madrasah tsanawiyah berusia 12-13 tahun. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan interview guide sebagai panduan dalam percakapan. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan metode kualitatif, dengan langkah-langkah berupa wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitiaan, disimpulkan bahwa siswa kelas 1 madrasah tsanawiyah merasakan kecemasan saat akan melaksanakan ujian syafahi. Kecemasan yang dirasakan bersifat fisik dan psikis seperti telapak tangan berkeringat, menggigit kuku, menggerak-gerakkan kaki berulang kali hingga jantung berdebar-debar. Siswa mencoba untuk mengatasinya dengan banyak berdoa, mempersiapkan diri dan bahkan bersikap pasrah saat ujian syafahi.
Downloads
References
Adz-Dzakiey, H. B. 2008. Prophetic Intelligence; Kecerdasan Kenabian. Yogyakarta : Penerbit Al Manar
Cami, Anggraeni, R, Santoso, D. Y. A. 2017. Level Kecemasan Siswa Menjelang Ujian Nasional. Jurnal Keperawatan Volume 5 No. 1, Hal 60-67, Mei 2017
Ghufron, M. N dan Risnawita, R. 2014. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Lubis, N. L. 2009. Depresi : Tinjauan Psikologis. Jakarta : Kencana
Mukhlis dan Koenjtoro. 2015. Pelatihan Kebersyukuran Untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa SMA. Gajah Mada Journal Of Profesional Psychology Volume 1, No. 3, Desember 2015 : 203-215 ISSN : 2407-7801
Nevid, J. S, Rathus, S. A, dan Greene, B. 2005. Psikologi Abnormal Edisi Kelima Jilid 1. Terjemahan : Tim Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jakarta : Erlangga
Pangastuti, M. 2014. Efektifitas Pelatihan Berpikir Positif Untuk Menurunkan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Nasional (UN) Pada Siswa SMA Persona. Jurnal Psikologi Indonesia Januari 2014, Vol. 3, No. 01, hal 32-41
Perwitaningrum, C. Y, Prabandari, Y. S, Sulistyarini, I. 2016. Pengaruh Terapi Relaksasi Zikir Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Dispepsia. Jurnal Intervensi Psikologi Vol.8 No.2 Desember 2016.
Safaria dkk. 2009. Manajemen Emosi : Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif Dalam Hidup Anda. Jakarta : Bumi Aksara
Sari, A. W, Mudrijan, Alizamar. 2017. Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Sekolah Ditinjau Dari Jenis Kelamin, Jurusan dan Daerah Asal Serta Implikasi. Jurnal Bikotetik. Volume 01 Nomor 02 Tahun 2017, 37-72
Sholehah, L. F. N. 2012. Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan-vol. 25 Th. XVI April 2012
Stuart, G. W. 2006. Buku Saku Keperawatan Jiwa. Jakarta : EGC
Subandi, M. A. 2009. Psikologi Dzikir. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PENERBIT ALFABETA
Taylor. 2006. Health Psychology. Sungapore : Mc. Graw Hill Inc
Tuyanto. 2012. Efektifitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok Sebaya untuk Mengurangi Kecemasan dalam Menghadapi Uian Nasional Pada Siswa SMA. Tidak diterbitkan. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Tresna, I. G. 2011. Efektifitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Desensitisasi Sistematis Untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
Zakiah, D. Kesehatan Mental. Jakarta : CV Haji Masagung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Galuhpritta Anisaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.